> >

5 Cara Mengatasi Kloset Mampet Tanpa Alat Penyedot WC, Pakai Sabun Cuci Piring hingga Hanger

Tips, trik, dan tutorial | 26 November 2022, 11:12 WIB
Ilustrasi. Kloset yang mampet atau tersumbat merupakan hal yang menyebalkan, namun sering terjadi di rumah. Meski terlihat sepele, kloset mampet terkadang sulit diatasi. (Sumber: Pixabay.com)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Kloset mampet atau tersumbat merupakan hal yang menyebalkan namun sering terjadi di rumah. Meski terlihat sepele, kloset mampet terkadang sulit diatasi.

Salah satu cara untuk mengatasi kloset mampet adalah dengan menggunakan plunger atau alat sedot WC manual berbahan karet.

Tapi, jika kloset di rumah tersumbat dan kamu tidak memiliki alat penyedot WC, ada sejumlah bahan yang mudah diperoleh yang dapat dipakai untuk melancarkannya kembali.

Dikutip dari Family Handyman, berikut 5 cara mengatasi kloset mampet tanpa alat sedot WC.

1. Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring bisa menjadi salah satu bahan untuk mengatasi kloset yang tersumbat tanpa alat sedot WC.

Cara penggunaannya cukup mudah. Cukup tuangkan sekitar setengah cangkir sabun cuci piring ke dalam kloset.

Cairan sabun pencuci piring dapat membantu melumasi pipa yang tersumbat dan memungkinkan kotoran yang bersarang meluncur ke bawah dengan lebih mudah.

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Kloset Kebanyakan Berwarna Putih

Jika sabun cuci piring yang kamu gunakan berbentuk sabun batangan, cukup potong kecil-kecil sabun batang tersebut kemudian masukkan ke kloset.

2. Air Panas

Jika sudah memasukkan sabun cuci piring ke dalam kloset namun masih tetap tersumbat, kamu bisa menambahkan air panas untuk membantu menghilangkan sumbatan.

Caranya, isi ember dengan air panas (jangan air mendidih karena dapat menyebabkan kloset porselen retak) dan tuangkan air ke dalam kloset dari ketinggian sepinggang.

3. Kawat Hanger

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Family Handyman


TERBARU