> >

Siaran TV Analog Segera Mati di 10 Daerah di Jawa Timur, Ini Cara Pasang Set Top Box!

Tips, trik, dan tutorial | 10 Desember 2022, 11:53 WIB
Ilustrasi. Suntik mati siaran televisi (TV) analog atau Analog Switch Off (ASO) akan dilakukan di wilayah Jawa Timur-1. Bagi pemilik TV tabung atau pun TV analog yang ingin menonton TV, Anda perlu memasang set top box atau STB. Berikut cara memasang set top box. (Sumber: ANTARA)

 

SURABAYA, KOMPAS.TV - Suntik mati siaran televisi (TV) analog atau Analog Switch Off (ASO) akan dilakukan di wilayah Jawa Timur-1 yang meliputi sepuluh kabupaten/kota, di antaranya Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kabupaten Gresik, dan Kota Pasuruan.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong menyebut, pemadaman siaran TV analog di wilayah Jawa Timur-1 ini akan digelar pada 20 Desember 2022 mendatang. 

Usman pun mengatakan, Kementerian Kominfo mengimbau masyarakat yang tinggal di wilayah Jawa Timur-1 untuk menggunakan perangkat set top box (STB) jika masih menggunakan televisi analog.

"Kementerian Kominfo mendorong masyarakat di (wilayah siaran) Jawa Timur 1 yang TV-nya masih analog untuk melengkapi dengan STB dari sekarang agar pada saat ASO 20 Desember 2022 sudah siap menikmati siaran tv digital yang bersih gambarnya, jernih suaranya dan canggih teknologinya," kata Usman, Jumat (9/12/2022).

Baca Juga: Mengapa Siaran Analog Harus Beralih ke Siaran TV Digital? Ini Tiga Alasannya

 

Sepuluh daerah di wilayah Jawa Timur-1 yang akan segera mengalami suntik mati siaran TV analog yakni:

  1. Kota Surabaya
  2. Kota Mojokerto
  3. Kota Pasuruan
  4. Kabupaten Bangkalan
  5. Kabupaten Gresik
  6. Kabupaten Lamongan
  7. Kabupaten Jombang
  8. Kabupaten Mojokerto
  9. Kabupaten Sidoarjo
  10. Kabupaten Pasuruan.

Data terbaru dari Kementerian Kominfo menyebutkan, distribusi bantuan set top box untuk rumah tangga miskin di wilayah siaran Jawa Timur-1 sudah 100 persen.

Bagi pemilik TV tabung atau pun TV analog yang ingin menonton TV, Anda perlu memasang STB.

Penulis : Nadia Intan Fajarlie Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV/Kompas.com


TERBARU