> >

Mitos atau Fakta, Benarkah Minum Pil KB Bikin Gemuk?

Siap nikah | 27 Desember 2023, 16:00 WIB
Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, pil KB menjadi alat kontrasepsi paling banyak digunakan oleh perempuan Indonesia. (Sumber: Dok. Shutterstock)

KOMPAS.TV – Ada berbagai jenis kontrasepsi yang dapat digunakan oleh perempuan, salah satunya adalah pil Keluarga Berencana (pil KB). Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, pil KB menjadi alat kontrasepsi paling banyak digunakan oleh perempuan Indonesia.

Meskipun paling banyak digunakan, tetapi pil KB juga tidak bisa lepas dari sejumlah mitos di kalangan masyarakat. Mitos seputar pil KB yang paling banyak beredar adalah perempuan yang minum pil KB akan menjadi gemuk dalam beberapa waktu.

Lalu, apakah benar pil KB bikin tubuh gemuk? Yuk, cek faktanya.

Fakta Pil KB

Dikutip dari Antaranews, Pakar obstetri dan ginekologi Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kusuma Pradja Semarang, dr. Muhammad Irsam, SpOG (K), mengatakan, jika mengonsumsi pil KB membuat gemuk hanyalah mitos.

Ia menyatakan jika kegemukan terjadi karena pola makan yang tidak terkendali, bukan karena konsumsi pil.

Di dalam pil KB, terdapat kandungan hormon estrogen. Nah, hormon estrogen yang terlalu banyak memang dapat memicu retensi cairan di tubuh, cairan tidak keluar, sampai berat badan yang cenderung naik.

Namun, ia mengatakan jika mengonsumsi pil KB diimbangi dengan pola makan sehat, maka tidak akan membuat perempuan menjadi gemuk.

 

Mitos Pil KB Lainnya

Penulis : Adv-Team

Sumber : Kompas TV


TERBARU