> >

Kapal Perang Iran dan AS Bersitegang di Teluk Persia

Kompas dunia | 27 April 2021, 16:23 WIB
Kapal yang dikomandoi oleh Pengawal Revolusi Paramiliter Iran dihadang oleh USCGC Monomoy. Insiden ini menyebabkan kapal Penjaga Pantai Iran harus menghentikan kapalnya. Peristiwa ini terjadi pada 2 April lalu, namun baru dirilis Angkatan Laut AS pada Selasa (27/4/2021). (Sumber: U.S. Navy via AP)

DUBAI, KOMPAS.TV - Kapal perang Amerika Serikat (AS) dan Iran sempat mengalami pertemuan menegangkan di Teluk Persia awal bulan ini.

Insiden itu merupakan yang pertama dalam satu tahun terakhir.

Dalam rekaman yang dirilis oleh Angkatan Laut AS, terlihat sebuah kapal yang dikomandoi oleh Pengawal Revolusi Paramiliter Iran dihadang USCGC Monomoy.

Insiden ini menyebabkan kapal Penjaga Pantai Iran harus menghentikan kapalnya.

Peristiwa ini terjadi pada 2 April lalu, namun baru dirilis Angkatan Laut AS pada Selasa (27/4/2021).

Lintasan antar-kapal yang begitu dekat berisiko membuat kedua kapal bertabrakan di laut.

Namun demikian, insiden ini tidak mengakibatkan cedera atau kerusakan.

"Awak AS mengeluarkan peringatan melalui radio, juga mengeluarkan lima ledakan pendek. Sementara  Harth 55 (Iran) melanjutkan manuver yang tidak aman," Kata Juru Bicara Angkatan Laut Mideast-based 5th fleet, Rebecca Rebarich.

Baca Juga: Iran Pamerkan Sederet Alutsista Baru Buatan dalam Negeri

"Setelah sekitar tiga jam AS mengeluarkan peringatan dan melakukan manuver defensif, kapal (Iran) bermanuver menjauh dari kapal AS dan membuka jarak di antara mereka," tambah Rebarich, seperti dikutip dari The Associated Press.

Penulis : Tussie Ayu Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU