> >

Pemerintah Tandingan Dewan Militer Myanmar Bentuk Pasukan Rakyat, Begini Penampakannya

Kompas dunia | 29 Mei 2021, 17:38 WIB
Penampakan Pasukan Pertahanan Rakyat (PDF) untuk menandingi aparat di bawah Pemerintahan Junta Militer Myanmar. (Sumber: Tangkapan layar Facebook National Unity Government of Myanmar)

YANGON, KOMPAS.TV - Pemerintah tandingan junta militer Myanmar mengumumkan telah selesai melaksanakan pelatihan gelombang pertama Pasukan Pertahanan Rakyat (PDF) pada Jumat (29/5/2021).

Foto dan video yang beredar di media sosial memperlihatkan pasukan berbaju kamuflase khas militer melakukan upacara di tengah hutan.

Video yang diunggah di kanal Facebook bernama National Unity Government of Myanmar tersebut mengatasnamakan Yee Mont, menteri pertahanan pemerintah tandingan Junta militer.

“Upacara Kelulusan Markas Pusat Wilayah Selatan Pasukan Pertahanan Rakyat (PDF),” demikian tertulis dalam keterangan video.

Baca Juga: Jurnalis AS Ditangkap di Bandara Saat Hendak Keluar dari Myanmar

Ada sekitar 100 orang pasukan terlihat membawa bendera merah dengan bintang warna putih di dalam video itu. Namun, mereka tak membawa senjata.

“Pasukan ini dibentuk oleh pemerintah sipil resmi,” kata pihak pemerintah tandingan Myanmar, dilansir dari Straits Times.

Pembentukan pasukan rakyat ini untuk melawan dewan militer yang menguasai Myanmar usai melakukan kudeta atas Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), pemenang pemilu 2020.

“Pasukan Pertahanan Rakyat mesti selaras dan melindungi rakyat Myanmar. Kita akan memenangi pertarungan ini,” ujar pihak pemerintah tandingan Myanmar.

Baca Juga: Mantan Ratu Kecantikan Myanmar Ikut Angkat Senjata Lawan Junta Militer

Penulis : Ahmad Zuhad Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU