> >

China Buat Maket Kapal Perang AS, Diduga untuk Latihan Perang

Kompas dunia | 8 November 2021, 19:13 WIB
Foto satelit maket tiruan kapal perang AS di lintasan kereta di daerah Ruoqiang, China. Foto diambil pada 20 Oktober 2021. (Sumber: Maxar Technologies via Associated Press)

BEIJING, KOMPAS.TV - Foto satelit menunjukkan bahwa Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China membuat maket kapal perang Amerika Serikat (AS) di daerah gurun.

Pembuatan maket-maket itu diduga untuk keperluan latihan perang seiring panasnya tensi antara Beijing dan Washington.

Foto satelit ini dihasilkan oleh Maxar Technologies, perusahaan citra satelit asal Colorado, AS.

Dalam salah satu foto bertanggal 7 Oktober 2021, terlihat setidaknya satu kapal induk AS dan satu kapal perusak yang ditaruh di lintasan kereta.

Menurut Maxar Technologies, maket-maket itu dibuat di Ruoqiang, sebuah daerah di Gurun Taklamakan, barat laut provinsi Xinjiang.

Baca Juga: Kapal Selam Nuklir AS Ternyata Tabrak Gunung Bawah Laut di Laut China Selatan, Komandannya Dicopot

Ketika dimintai konfirmasi, Kementerian Luar Negeri China mengaku tidak tahu-menahu soal proyek tersebut. “Saya tidak tahu tentang situasi yang Anda singgung,” kata juru bicara Kemenlu China Wang Wenbin kepada Associated Press.

Sementara itu, Institut Angkatan Laut AS (USNI) meyakini bahwa maket-maket itu dibuat China sebagai target latihan PLA.

Belum diketahui seberapa detail maket yang dibuat China dibanding kapal asli AS. Namun, berdasarkan foto satelit, USNI melihat kemiripan pada cerobong kapal dan sistem persenjataan.

China sendiri diketahui terus mengembangkan persenjataan militer belakangan ini. Beijing berhasil mengembangkan rudal balistik yang berdaya mengaramkan kapal perang musuh.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Associated Press


TERBARU