> >

Dubes RI Bertemu Menlu Sri Lanka, Bahas Kerja Sama hingga Peringatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik

Kompas dunia | 24 Januari 2022, 23:11 WIB
Dubes RI Dewi Gustina Tobing berbincang dengan Menlu G.L. Peiris di kantor Kementerian Luar Negeri Sri Lanka, Senin (24/1/2022). (Sumber: KBRI Kolombo)

KOLOMBO, KOMPAS.TV - Duta Besar RI untuk Sri Lanka Dewi Gustina Tobing bertemu dengan Menteri Luar Negeri Sri Lanka G.L. Peiris di Kolombo, Senin (24/1/2022). Pertemuan tersebut dilangsungkan di kantor Kementerian Luar Negeri Sri Lanka.

Dewi dan Peiris membahas sejumlah isu yang menjadi kepentingan masing-masing pihak. 

Berdasarkan rilis yang diterima Kompas TV, perwakilan KBRI membahas peningkatan kerja sama bilateral di berbagai bidang, yakni ekonomi, perdagangan dan investasi, serta people-to-people.

Dewi dan Peiris juga menekankan pentingnya diadakan kegiatan bersama untuk memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Sri Lanka. Kedua negara secara resmi menjalin hubungan pada 2 Agustus 1952.

Rencana perundingan Indonesia-Sri Lanka Preferential Trade Agreement (ISL-PTA) juga dibahas.

ISL-PTA disebut bermanfaat dalam menggarap sektor-sektor kerja sama ekonomi di bidang komoditas, farmasi, infrastruktur dan konstruksi, pemberdayaan UKM, serta pariwisata dan perhotelan (hospitality).

Baca Juga: Sosok Fientje Maritje Suebu, Perempuan Pertama Asal Papua yang Jadi Dubes Indonesia

“Masih sangat terbuka lebar sektor-sektor yang dapat dikembangkan dalam kerja sama ekonomi Indonesia-Sri Lanka,” kata Dubes Dewi Tobing.

Masing-masing pihak kemudian membahas penguatan kerja sama bilateral melalui Sidang Komisi Bersama (SKB) ke-3 Indonesia-Sri Lanka. 

“Menlu Sri Lanka menyatakan kesediaan menjadi tuan rumah pelaksanaan SKB ke-3 pada tahun ini sebagai upaya memperkuat hubungan bilateral di segala bidang dan guna memperingati 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara,” lanjut Dewi.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU