> >

Indonesia Baru Vaksin Booster, Israel Sudah Tawarkan Warganya Suntik Vaksin Dosis Ke-4

Kompas dunia | 25 Januari 2022, 19:36 WIB
Seorang relawan menunjukkan botol kecil berisi satu dosis vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech di Layanan Kesehatan Clalit di Mevaseret Zion, Selasa (11/1/2022). Pada Selasa (25/1), panel penasihat ahli Israel menganjurkan pemerintah Israel agar mulai memvaksin warganya dengan dosis vaksin ke-4. (Sumber: AP Photo/Maya Alleruzzo)

YERUSALEM, KOMPAS.TV – Saat negara lain baru menawarkan suntikan penguat alias booster alias dosis ke-3 pada para warganya, termasuk Indonesia, Israel sudah selangkah di depan. Negara zionis itu kini telah mulai memberikan suntikan vaksin dosis ke-4.

Sebuah panel ahli menganjurkan pemerintah Israel untuk mulai menawarkan dosis vaksin ke-4 ke setiap warga negara yang berusia di atas 18 tahun, Selasa (25/1/2022).

Menurut panel itu, penelitian menunjukkan bahwa dosis vaksin ke-4 membantu mencegah penularan Covid-19 dan penyakit parah.

Baca Juga: Petenis Muda Kuwait Tak Mau Hadapi Atlet Israel, Pilih Mundur dari Turnamen

Melansir Associated Press, komite penasihat itu menyatakan, penelitian menunjukkan bahwa dosis vaksin ke-4 menyediakan tingkat perlindungan yang lebih kuat 3 – 5 kali terhadap penyakit serius.

Pun, meningkatkan perlindungan terhadap penularan dua kali lebih kuat dibandingkan dengan tiga dosis vaksin sebelumnya. 

Direktur Kementerian Kesehatan Israel harus menyetujui rekomendasi pemberian dosis vaksin ke-4 itu.

Israel kini sudah menawarkan suntikan dosis booster yang ke-2 bagi mereka yang berusia di atas 60 tahun dan mereka yang berisiko tinggi.

Pemberian vaksin booster ke-2 ini demi meredam penularan virus corona varian Omicron. Musim panas lalu, Israel mulai mewarkan dosis vaksin ke-3. 

Baca Juga: Dikabarkan Kunjungi Israel, BNPB Sebut Suharyanto Tidak Pernah Lakukan Kunjungan ke Luar Negeri

Penulis : Vyara Lestari Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Associated Press


TERBARU