> >

Ukraina Minta Indonesia Bersuara Lantang Kecam Invasi Rusia: Dukunglah Kami!

Krisis rusia ukraina | 2 Maret 2022, 10:20 WIB
Ilustrasi. Kedutaan Besar Ukraina di Indonesia meminta RI untuk bersuara lantang mendukung Ukraina dan mengecam invasi Rusia terhadap negaranya yang tak kunjung usai sejak Kamis (24/2/2022) lalu.  (Sumber: Efrem Lukatsky/Associated Press)

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kedutaan Besar Ukraina di Indonesia meminta RI untuk bersuara lantang mendukung Ukraina dan mengecam invasi Rusia terhadap negaranya yang tak kunjung usai sejak Kamis (24/2/2022) lalu. 

Permintaan dukungan tersebut disampaikan Kedutaan Besar Ukraina di Jakarta melalui surat yang diterima Kompas TV, Rabu (2/3). 

"Rakyat Indonesia, keadaan saat ini sungguh berat dan menyakitkan bagi kami. Oleh karena itu, kami menunggu dukungan Anda. Kami berharap dapat mendengar suara Anda yang lantang dan berani dalam membela kami," tulisan dalam surat itu.

Dalam surat tersebut, Kedutaan Besar Ukraina menggambarkan kengerian perang yang terjadi hingga hari keenam ini yang penuh tumpahan darah serta kekejian.

Di mana di antara warga sipil, sudah ratusan orang binasa dan terluka, ribuan anak yatim, dan ratusan ribu pengungsi.

Berdasarkan surat itu, "Serangan roket besar-besaran di daerah pemukiman kota, pemboman fasilitas infrastruktur, pembunuhan penduduk sipil Ukraina, serangan teroris di rumah sakit, panti asuhan, sekolah dan taman kanak-kanak".

Meski demikian Ukraina mengaku tidak akan bertekuk lutut terhadap ancaman kematian, sama seperti Indonesia yang tidak menyerah 70 tahun silam. "Kami akan berdiri tegak dan meraih kemenangan. Namun dengan dukungan Anda (Indonesia), maka kemenangan dapat kami raih dengan lebih mudah, lebih pasti dan lebih cepat."

Mengingat, menurut mereka, Indonesia merupakan bangsa yang kuat dan gagah, pejuang kebenaran dan kebebasan.

Baca Juga: Penampakan Gedung Pemerintahan Kharkiv Ukraina yang Hancur usai Serangan Rudal Rusia

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU