> >

Jepang Murka Ukraina Sejajarkan Kaisar Hirohito dengan Adolf Hitler dan Mussolini, ini Tindakan Kiev

Krisis rusia ukraina | 25 April 2022, 20:19 WIB
Pemerintah Ukraina meminta maaf dan menghapus foto Kaisar Jepang Hirohito pada masa perang dari video yang memperlihatkan dirinya bersama Adolf Hitler dan Benito Mussolini, menyusul protes keras Jepang atas video tersebut, kata para pejabat Jepang, Senin, (25/4/2022) (Sumber: Straits Times)

TOKYO, KOMPAS.TV — Pemerintah Ukraina meminta maaf dan menghapus foto Kaisar Jepang Hirohito pada masa perang dari video yang memperlihatkan sang kaisar  bersama Adolf Hitler dan Benito Mussolini.

Permintaan maaf itu  menyusul protes keras Jepang atas video tersebut, kata para pejabat Jepang, Senin, (25/4/2022) seperti laporan Associated Press.

Jepang akan terus mendukung Ukraina melawan serangan Rusia meskipun penggambaran Hirohito "sama sekali tidak pantas", kata Wakil Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihiko Isozaki.

Video tersebut, yang diposting oleh pemerintah Ukraina di Twitter tanggal1 April, mengkritik serangan Rusia sebagai “rasisme.” Di bawah foto-foto ketiga pemimpin era Perang Dunia II itu terdapat tulisan “Fasisme dan Nazisme dikalahkan pada 1945.”

Jepang berperang dalam Perang Dunia II atas nama Hirohito, yang dipuja sebagai dewa sampai ia melepaskan keilahiannya setelah kekalahan Jepang.

Evaluasi historis tentang perannya dalam perang tetap kontroversial dan Hirohito dikenal secara anumerta di Jepang sebagai Kaisar Showa.

"Menggambarkan Hitler, Mussolini dan Kaisar Showa dalam konteks yang sama sungguh tidak pantas," kata Isozaki kepada wartawan. “Itu sangat disesalkan.”

Isozaki mengatakan Jepang mengajukan protes dan menuntut penghapusan foto kaisar Hirohito, yang kemudian ditindaklanjuti Ukraina.

"Permintaan maaf kami yang tulus kepada Jepang karena membuat kesalahan ini," tulis pemerintah Ukraina di Twitter, Minggu. “Kami tidak punya niat untuk menyinggung orang-orang Jepang yang ramah.”

Baca Juga: Uni Eropa Minta Indonesia Gunakan Presidensi G20 untuk Tekan Rusia Hentikan Perang terhadap Ukraina

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. Pemerintah Ukraina meminta maaf dan menghapus foto Kaisar Jepang Hirohito pada masa perang dari video yang memperlihatkan dirinya bersama Adolf Hitler dan Benito Mussolini, menyusul protes keras Jepang atas video tersebut, kata para pejabat Jepang, Senin, (25/4/2022) (Sumber: Rodrigo Reyes Marin/Pool Photo via AP)

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV/Associated Press


TERBARU