> >

Perundingan Damai Rusia-Ukraina Resmi Ditangguhkan

Krisis rusia ukraina | 18 Mei 2022, 19:22 WIB
Foto ilustrasi pasukan Ukraina menumpang tank di jalanan Kharkiv pada Senin (16/5/2022). Ukraina mengumumkan bahwa proses perundingan damai dengan Rusia resmi ditangguhkan per Selasa (17/5/2022). (Sumber: Bernat Armangue/Associated Press)

KIEV, KOMPAS.TV - Proses perundingan damai yang telah ditempuh beberapa kali antara Rusia dan Ukraina resmi ditangguhkan per Selasa (17/5/2022).

Hal itu disampaikan oleh negosiator Ukraina sekaligus penasihat kantor kepresidenan Volodymyr Zelenskyy, Mykhailo Podolyak.

Podolyak menyebut, perundingan damai ditangguhkan karena Rusia keras kepala dan tidak menganggap perkembangan situasi lapangan perang Ukraina.

Dihentikannya perundingan damai ini dikonfirmasi oleh pihak Rusia.

Negosiator sekaligus anggota parlemen Rusia, Leonid Slutsky mengonfirmasi hal tersebut melalui kanal Telegram-nya.

Tetapi, berkebalikan dengan klaim Ukraina, Slutsky menuduh Amerika Serikat (AS) lah yang memengaruhi Kiev sehingga menangguhkan perundingan.

Baca Juga: NATO Bilang Finlandia dan Swedia Sudah Mendaftar untuk Bergabung, Imbas Invasi Rusia ke Ukraina?

Sebelumnya, perundingan damai Rusia-Ukraina sempat mencapai kemajuan saat dimediasi Turki di Istanbul pada akhir Maret lalu.

Namun, setelah itu, tidak ada kemajuan yang berarti untuk dicapai.

“Proses negosiasi tergantung pada peristiwa-peristiwa yang terjadi di Ukraina. Itu sudah berubah secara signifikan sejak awal perang. Hari ini, (perundingan) itu ditangguhkan,” kata Podolyak dikutip Interfax.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU