> >

Media Rusia: Jokowi akan Bertemu Vladimir Putin di Moskow pada 30 Juni

Kompas dunia | 15 Juni 2022, 06:05 WIB
Foto ilustrasi. Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Joko Widodo menyaksikan konser kebangsaan yang menampilkan musisi Slank dan Kla Project di Ende, NTT. Pada Selasa (14/6/2022), kantor berita Rusia, TASS melaporkan bahwa Presiden Vladimir Putin akan bertemu Presiden Jokowi di Moskow pada 30 Juni mendatang. (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)

MOSKOW, KOMPAS.TV - Kantor berita Rusia, TASS melaporkan Presiden Vladimir Putin akan bertemu Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi di Moskow pada 30 Juni mendatang.

Rencana pertemuan itu dibeberkan oleh seorang sumber Kremlin kepada TASS, Selasa (14/6/2022).

“Ini akan menjadi kunjungan yang sangat penting. Kami tengah mempersiapkannya saat ini,” kata narasumber tersebut kepada TASS.

“Presiden Indonesia Joko Widodo akan mengunjungi Moskow pada 30 Juni,” lanjutnya.

Menurutnya, Indonesia adalah mitra penting bagi Rusia. Keduanya disebut menjalin hubungan ekonomi dan politik yang intensif.

Lebih lanjut, narasumber TASS itu menyampaikan bahwa Putin akan memenuhi undangan Indonesia sebagai pengampu presidensi G20 ke KTT di Bali pada November mendatang.

Baca Juga: Jokowi Gunakan Mobil Resmi KTT G20 saat Menuju Kawasan Industri Batang, Ini Spesifikasinya

Akan tetapi, format kehadiran presiden Rusia itu belum dipastikan apakah secara langsung atau virtual.

“Kami tentu saja akan menghadirinya (KTT G20 di Bali). Pertemuan tingkat tinggi itu akan digelar pada 15-16 November, masih ada banyak waktu, kita lihat saja nanti,” kata narasumber tersebut.

Ketika memegang presidensi G20 pada 2022 ini, Indonesia terjepit di antara negara anggota yang berselisih mengenai perang Rusia-Ukraina.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Gading-Persada

Sumber : TASS


TERBARU