> >

Jokowi Tiba di Kiev, Akan Bertemu Zelensky di Istana Mariyinsky, Ini Jadwalnya

Krisis rusia ukraina | 29 Juni 2022, 14:49 WIB
Presiden RI Joko Widodo tiba di Kiev pada Rabu (29/6/2022) pukul 08.48 waktu setempat. (Sumber: Kris Mada/Harian Kompas)

KIEV, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi tiba di Kiev, Ukraina pada Rabu (29/6/2022) pukul 08.48 waktu setempat atau pukul 12.48 WIB.

Berdasar keterangan jurnalis Harian KOMPAS di Kiev, Jokowi hanya akan bersua Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dengan durasi dua jam.

Pertemuan dijadwalkan berlangsung mulai pukul 15.00 hingga 17.00 waktu setempat atau pukul 19.00 hingga 21.00 WIB bertempat di Istana Mariyinsky.

“Kami memulai misi perdamaian ini dengan niat baik, semoga dimudahkan,” tulis Jokowi via Twitter, Rabu (29/6).

Terlepas dari itu, setiba di Kiev, Jokowi dan rombongan langsung bergegas menuju tempat istirahat yang berada di wilayah Maidan, Kiev.

Nama-nama pemimpin yang sudah ke Ukraina selama perang di antaranya Perdana Menteri (PM) Polandia Mateusz Morawiecki beserta wakilnya, Jaroslaw Kaczynski, PM Slovenia Janez Jansa, dan PM Republik Ceko Petr Fiala.

Selain itu, ada pula Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, PM Inggris Boris Johnson, PM Kanada Justin Trudeau, dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken.

Adapun Jokowi merupakan pemimpin negara dari Benua Asia yang pertama kali mengunjungi Ukraina sepanjang masa perang.

Baca Juga: Agenda Jokowi di Ukraina, Temui Zelenskky dan Kirim Bantuan 5 Juta Dolar AS

 

Penulis : Rofi Ali Majid Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU