> >

Dalam 6 Bulan 12 Jurnalis Dibunuh di Meksiko, Terbaru Ada yang Ditembak di depan Putrinya

Kompas dunia | 30 Juni 2022, 05:45 WIB
Antonio de la Cruz, jurnalis asal Meksiko yang ditembak mati di depan putrinya pada Rabu (29/6/2022). (Sumber: Twitter David S Joachim)

CIUDAD VICTORIA, KOMPAS.TV - Antonio de la Cruz, seorang jurnalis asal Meksiko ditembak mati di depan putrinya yang masih berusia 23 tahun pada Rabu (29/6/2022). 

Kejadian itu berlangsung di Ciudad Victoria, ibu kota negara bagian Tamaulipas, ketika Antonio dan putrinya hendak keluar rumah.

Antonio tewas, sementara putrinya dilaporkan terluka parah.

Seperti diberitakan Associated Press, kejadian ini merupakan kasus ke 12 pembunuhan jurnalis di Meksiko dalam setengah tahun ini. Catatan itu menempatkan Meksiko sebagai negara tanpa krisis perang yang paling tak aman bagi pekerja media sepanjang 2022.

Antonio merupakan seorang reporter untuk surat kabar lokal Expreso yang telah bekerja di sana nyaris 30 tahun.

Surat kabar Expreso memberitakan semua jenis berita di kota, termasuk masalah keamanan. Adapun Antonio selama ini diketahui melaporkan topik pedesaan dan sosial seperti krisis air.

Ia juga meliput partai politik Movimiento Ciudadano dan pemimpin lokal partai itu, Gustavo Cardenas Gutiérrez, yang turut mengutuk pembunuhannya.

Baca Juga: Terekam CCTV, Detik-Detik Rudal Rusia Hantam Mal di Kremenchuk Ukraina

Antonio "sangat menyadari realitas Tamaulipas, sangat berani," kata Miguel Dominguez, direktur surat kabar Expreso, dalam sebuah wawancara dengan Milenio Television.

"Dia tak pernah menyatakan keluhan apa pun pada kami," imbuh Dominguez.

Penulis : Rofi Ali Majid Editor : Iman-Firdaus

Sumber : AP


TERBARU