> >

Daftar 16 Pemimpin Dunia yang Ditemui Jokowi dalam Sepekan Ini

Kompas dunia | 2 Juli 2022, 09:05 WIB
Sejumlah pejabat Rusia menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Bandara Vnukovo II, Moskow, Kamis (30/6/2022). (Sumber: BPMI Setpres)

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi hari ini baru saja menyelesaikan kunjungan internasional yang dimulai sejak Minggu (26/6/2022) hingga Sabtu (2/7).

Dalam kunjungan internasional yang berjalan genap sepekan ini, Jokowi telah bertemu 16 pemimpin dunia.

Sebanyak delapan pemimpin disapa secara khusus dalam pertemuan bilateral. Foto-foto dengan delapan pemimpin dunia itu dibagikan Jokowi melalui Twitter.

Adapun delapan lainnya ditemui secara umum dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7.

Baca Juga: Betapa Lelahnya Jokowi: 29 Jam di Udara, 24 Jam di Kereta, Singgahi 5 Negara, Ini Rutenya

Berikut daftar pemimpin dunia yang ditemui secara khusus oleh Jokowi:

1. Volodymyr Zelenskyy (Presiden Ukraina)

Presiden Jokowi (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (kanan) di Istana Maryinsky, Kiev, Rabu (29/6/2022). (Sumber: Kantor Kepresidenan Ukraina)

2. Vladimir Putin (Presiden Rusia)

Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) saat bertemu Presiden Jokowi (kiri) di Kremlin, Moskow, Rusia pada Kamis (30/6/2022). (Sumber: kremlin.ru)

3. Mohammed bin Zayed (Presiden Uni Emirat Arab/UEA)

Presiden Jokowi (kiri) dan Presiden UEA Mohammed bin Zayed (kanan) bertemu pada Jumat (1/7/2022) di Abu Dhabi (Sumber: Twitter Mohammed bin Zayed)

4. Olaf Scholz (Kanselir Jerman)

Presiden Jokowi (kanan) melakukan pertemuan bilateral dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz (kiri) di sela-sela KTT G7 di Jerman, Senin (27/6/2022) (Sumber: BPMI Setpres)

5. Emmanuel Macron (Presiden Prancis)

Presiden Jokowi (kiri) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron (kanan) di sela-sela KTT G7 di Jerman, Senin (27/6/2022). (Sumber: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Penulis : Rofi Ali Majid Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU