> >

Sergei Lavrov: Tujuan Rusia di Ukraina Kini adalah Menggulingkan Pemerintahan Zelenskyy

Kompas dunia | 25 Juli 2022, 21:31 WIB
Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergei Lavrov mengungkapkan kepada Liga Arab di Kairo, Senin (25/7/2022), bahwa tujuan menyeluruh Moskow di Ukraina kini adalah menggulingkan pemerintahan Presiden Volodymyr Zelenskyy. (Sumber: AP Photo/Russian MoFA)

KIEV, KOMPAS.TV — Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergei Lavrov mengungkapkan kepada negara-negara Liga Arab di Kairo bahwa tujuan menyeluruh Moskow di Ukraina kini adalah untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Seperti dilaporkam Associated Press, Senin, pernyataan Lavrov itu membuat tujuan perang Rusia menjadi lebih eksplisit karena pasukannya terus menghantam Ukraina dengan rentetan artileri dan serangan udara.

Pernyataan Lavrov itu muncul di tengah upaya Ukraina melanjutkan ekspor biji-bijian termasuk gandum dari pelabuhan Laut Hitam, sesuatu yang akan membantu meringankan kekurangan pangan global, di bawah kesepakatan Rusia dan Ukraina yang dimediasi PBB dan Turki.

Kesepakatan itu sendiri baru saja diuji oleh serangan Rusia di Odesa selama akhir pekan lalu.

Berbicara kepada utusan negara-negara Arab dalam pertemuan puncak Liga Arab di Kairo, Mesir pada Minggu (24/7/2022) malam, Lavrov mengatakan Moskow bertekad untuk membantu Ukraina "membebaskan diri dari beban rezim yang benar-benar tidak dapat diterima ini."

Baca Juga: Putin Berhasil Buat Iran Terkesan, Spiritualitas Pemimpin Rusia Itu Dipuji

Lavrov menuduh Kiev dan "sekutu Baratnya" menyebarkan propaganda yang dimaksudkan untuk memastikan bahwa Ukraina "menjadi musuh abadi Rusia."

"Rakyat Rusia dan Ukraina akan terus hidup bersama, kami pasti akan membantu rakyat Ukraina untuk menyingkirkan rezim, yang benar-benar anti-rakyat dan anti-sejarah," katanya.

Pernyataan Lavrov sangat kontras dengan garis Kremlin di awal serangan, ketika para pejabat Rusia berulang kali menekankan mereka tidak berusaha menggulingkan pemerintahan Zelenskyy.

Lavrov berpendapat Rusia siap merundingkan kesepakatan untuk mengakhiri permusuhan pada Maret lalu ketika Kiev mengubah taktik dan menyatakan niatnya untuk mengalahkan Rusia di medan perang, menambahkan bahwa Barat mendorong Ukraina untuk terus berperang.

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV/Associated Press


TERBARU