> >

Adik Kim Jong-Un Ejek Presiden Korsel Sosok Kekanakan, Tolak Bantuan Ekonomi untuk Denuklirisasi

Kompas dunia | 19 Agustus 2022, 14:01 WIB
Kim Yo Jong, adik perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un, saat berpidato dalam pertemuan politbiro di Pyongyang, Korea Utara, 30 Juni 2021. (Sumber: KCNA)

SEOUL, KOMPAS.TV - Kim Yo-jong, adik pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menegaskan telah menolak bantuan ekonomi Korea Selatan untuk ditukar dengan denuklirisasi.

Seperti dilaporkan KCNA, Jumat (19/8/2022), ia bahkan mengejek bahwa Presiden Yoon Suk-yeol merupakan sosok yang kekanak-kanakan.

Kim Yo-jong yang merupakan seorang pejabat tinggi, mengkritik tawaran Presiden Yoon untuk meningkatkan ekonomi dan mata pencaharian rakyat Korea Utara.

Ia menyebut tawaran Kim Yo-jong tersebut sebagai sebuah angan-angan.

Baca Juga: Kim Jong-Un Disebut Ketergantungan pada Obat karena Kesakitan, Terlihat Tanda Hitam di Kepala

Yoon sebelumnya mengusulkan apa yang disebutnya sebagai “rencana berani” untuk menukar kerja sama ekonomi demi mengakhiri program nuklir Korea Utara saat pidato pelantikan pada Mei lalu.

Sejak itu, ia terus mengajukan gagasan tersebut, mengulangi tawarannya pada pekan ini.

Dalam pidatonya Senin (15/8/2022), Yoon mengatakan pemerintahnya akan menerapkan program pangan skala besar, memberikan bantuan untuk pembangkit listrik, meningkatkan pertanian, dan langkah-langkah lain untuk memodernisasi Korea Utara.

 

Hal itu termasuk bantuan ekonomi, dengan imbalan denuklirisasi dari negara tertutup tersebut.

Penulis : Haryo Jati Editor : Desy-Afrianti

Sumber : CNN


TERBARU