> >

Kabar Gembira! Rusia Siap Lakukan Pembicaraan Negosiasi dengan Ukraina, tapi Ada Syaratnya

Krisis rusia ukraina | 26 Agustus 2022, 11:25 WIB
Ketua Komite Duma untuk Urusan Luar Negeri, Leonid Slutsky menegaskan Rusia siap berbicara dengan Ukraina, asal negara itu mengumumkan mereka mau melakukannya. (Sumber: AP Photo/Alexander Zemlianichenko)

MOSKOW, KOMPAS.TV - Pihak Rusia dilaporkan siap lakukan pembicaraan negosiasi kembali dengan Ukraina terkait perang di Ukraina.

Keadaan tersebut diungkapkan oleh Ketua Komite Duma (Majelis Rendah Rusia) untuk Urusan Luar Negeri, sekaligus anggota kelompok negosiasi, Leonid Slutsky.

Namun, Slutsky menegaskan pembicaraan negosiasi hanya akan dilakukan jika Ukraina mengumumkan kesiapannya untuk itu.

“Kami bisa melihat bahwa (Presiden Ukraina, Volodymyr) Zelenskyy tidak mood untuk pertemuan atau pembicaraan hari ini,” kata Slutsky, Kamis (25/8/2022) dilansir dari TASS.

Baca Juga: Waduh, Zelenskyy Sebut Eropa Nyaris Alami Bencana Kebocoran Radiasi Nuklir, Kenapa?

“Jika Ukraina mengumumkan siap melakukan pembicaraan di setiap level, dalam setiap format, maka kita akan bicara dan berekasi. Sejauh ini tidak ada yang terjadi,” ujarnya.

 

Pada Mei lalu, Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengatakan bahwa proses negosiasi Rusia dan Ukraina berlangsung tanpa momentum.

Ia menekankan bahwa Kiev selalu mengubah posisinya setiap hari.

Peskov juga mencatat bahwa posisi Ukraina yang tak konsisten, tidak memberikan keyakinan bahwa proses negosiasi efektif.

Penulis : Haryo Jati Editor : Desy-Afrianti

Sumber : TASS


TERBARU