> >

Menhan Inggris Yakin Putin Tak Berani Gunakan Nuklir, Ungkap Sekutu Rusia Malah Bantu Ukraina

Krisis rusia ukraina | 3 Oktober 2022, 16:43 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin. Menhan Inggris yakin Putin tak berani gunakan nuklir. (Sumber: Grigory Sysoyev, Sputnik, Government Pool Photo via AP)

LONDON, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace memberikan bocoran yang mengejutkan terkait Presiden Rusia Vladimir Putin.

Wallace menegaskan bahwa Putin tak akan berani menggunakan senjata nuklir meski mengancam dengan mensinyalkan bakal menggunakannya.

Ia juga mengatakan bahwa negara sekutu Rusia mulai diam-diam memberikan bantuan ke Ukraina.

Hal tersebut diungkapkan Wallace pada hari pertama Konferensi Partai Konservatif.

Baca Juga: Sapu Bersih Tentara Rusia di Lyman, Prajurit Ukraina Semakin Termotivasi dan Puji Senjata Barat

“Bukan rahasia bahwa senjata nuklir taktis ada dalam doktrin Ukraina,” kata Wallace dikutip dari Express, Senin (3/10/2022).

“Ketika mereka membicarakan mengenai senjata nuklir taktis itu adalah senjata yang lima kali lebih besar dari Hiroshima. Bahkan bisa 10 kali lebih besar. Jadi hampir pasti ia tak akan melakukannya” tambahnya.

Wallace pun mengatakan tindakan Rusia telah mendorong tingkat kerja sama yang belum pernah terjadi sebelumnya dari negara-negara di seluruh dunia.

Hal itu termasuk dari negara-negara dengan komitmen jangka panjang untuk netralitas atau yang posisi umumnya pro-Moskow.

“Ada beberapa negara (sekutu Putin) yang membantu (Ukraina) secara diam-diam,” ujar Wallace.

Penulis : Haryo Jati Editor : Purwanto

Sumber : Express


TERBARU