> >

Diamuk Covid-19 saat Tahun Baru, Xi Jinping Sebut China Ada di Sisi yang Benar di Sejarah

Kompas dunia | 1 Januari 2023, 19:38 WIB
Presiden China Xi Jinping berpidato pada malam Tahun Baru 2023 dari Beijing, Sabtu (31/12/2022). (Sumber: Ju Peng/Xinhua via AP)

BEIJING, KOMPAS.TV - Presiden China Xi Jinping menekankan China "berdiri di sisi yang benar di sejarah" ketika negaranya tengah diterpa gelombang Covid-19 yang menyita perhatian internasional.

Hal tersebut disampaikan Xi dalam pidato malam Tahun Baru 2023 yang disiarkan televisi nasional China, Sabtu (31/12/2022).

Xi tidak menyinggung langsung isu-isu yang konfrontatif bagi China seperti penanganan Covid-19.

Dalam pidatonya, Xi menggarisbawahi kesuksesan produksi pertanian, pengentasan kemiskinan, dan Olimpiade Musim Dingin di Beijing.

Xi Jinping kemudian menyinggung tantangan-tantangan yang dihadapi China usai 2022. Menyambut 2023, presiden yang telah berkuasa tiga periode itu menyebut "dunia sedang tidak baik-baik saja."

"(China) akan selalu mengadvokasi perdamaian dan pembangunan dan dengan teguh berdiri di sisi yang benar di sejarah," kata Xi, dikutip Associated Press.

Baca Juga: China Tuding AS Putarbalikkan Fakta soal Konfrontasi Pesawat Tempur di Laut China Selatan

Pidato Xi Jinping ini disiarkan usai pemerintahannya mengalami protes langka yang menuntut pelonggaran pembatasan terkait Covid-19.

Namun, usai China mencabut sebagian besar kebijakan "nol-Covid", ekonomi terbesar kedua di dunia ini dihantam gelombang Covid-19 parah.

Penanganan pemerintahan Xi Jinping dalam hal penularan Covid-19 pun dikritik. Badan Kesehatan Dunia (WHO) bahkan menuntut Beijing terbuka akan situasi Covid-19 di negaranya.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Associated Press


TERBARU