> >

Geger Bocah 6 Tahun Tembak Bu Guru di AS, Ternyata Bukan Pertama Kali Terjadi

Kompas dunia | 7 Januari 2023, 15:39 WIB
Para murid dan polisi berkumpul di luar gedung SD Richneck di Newport News, Virginia, Amerika Serikat, setelah terjadinya penembakan pada Jumat, 6 Januari 2023. (Sumber: Billy Schuerman/The Virginian-Pilot via AP)

 

NEWPORT NEWS, KOMPAS.TV - Kota Newport News, negara bagian Virginia, Amerika Serikat (AS) dikejutkan dengan tindakan seorang bocah enam tahun yang menembak gurunya sendiri dengan pistol, Jumat (6/1/2023). Guru perempuan berusia 30-an tersebut mengalami luka serius usai ditembak.

Insiden ini terjadi di Sekolah Dasar (SD) Richnek, Newport News. Polisi menyebut bocah itu menembak gurunya di ruang kelas usai bertengkar dengannya.

Meskipun sangat jarang terjadi, pakar menyebut penembakan yang melibatkan anak seusia enam tahun bukan pertama kali terjadi. Hal tersebut disampaikan kriminolog dari Universitas Northeastern Boston, Alan Fox.

Baca Juga: Waduh! Siswa SD 6 Tahun di AS Tembak Gurunya di Dalam Kelas, Nyawanya Sempat Terancam

Fox menyebut, berdasarkan pengamatannya, penembakan yang melibatkan anak enam tahun pernah terjadi pada 2000 silam.

Waktu itu, seorang anak laki-laki enam tahun di SD Buell, Michigan menembak teman sekolahnya sendiri.

Korban penembakan, Kayla Rolland, juga berusia enam tahun, tewas usai ditembak dengan peluru kaliber .32 di bagian leher. Korban tewas setengah jam usai ditembak teman SD-nya.

Fox sendiri telah menganalisis data penembakan sekolah di AS dari 1970 yang dikumpulkan Pusat Pertahanan dan Keamanan Dalam Negeri Sekolah Pascasarjana Angkatan Laut AS di Monterey, California.

Fox menyebut data itu memuat entri kasus penembakan-penembakan di sekolah yang melibatkan anak usia 7, 8, 9 tahun dan seterusnya. Sedangkan untuk penembakan yang melibatkan anak enam tahun, ia hanya bisa mengingat satu kasus.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Associated Press


TERBARU