> >

Bantu Korban Gempa Turki, Qatar Kirim 10 Ribu Rumah Mobil

Kompas dunia | 8 Februari 2023, 13:02 WIB
Apartemen yang runtuh akibat gempa di Adana, Turki Selatan. Banyak korban yang terkubur reruntuhan, di mana korban selamat mulai kehabisan waktu dan tenaga untuk bertahan. (Sumber: AP Photo/Hussein Malla)

DOHA, KOMPAS.TV - Pemerintah Qatar menyebut akan mengirimkan 10.000 rumah mobil sebagai bantuan kepada para korban gempa Turki dan Suriah, Selasa (7/2/2023). 

Gempa bumi berkekuatan 7,8 magnitudo mengguncang Provinsi Kahramanmaras, Turki Selatan pada Senin (6/2/2023) pagi, serta gempa susulan bermagnitudo 7,6 terjadi di daerah yang pada pada sore hari.

Otoritas Manajemen Bencana dan Kedaruratan Turki (ADA) menyebut setiaknya 3.432 orang meninggal dunia akibat gempa dahsyat tersebut. 

Baca Juga: 4.000 Orang Lebih Meninggal Dunia Akibat Gempa Turki, Erdogan: Ini Merupakan Bencana Terburuk

Sementara itu, di Suriah, pemerintah setempat melaporkan hampir 1.622 orang meninggal serta 3.649 lainnya luka-luka. 

Di sisi lain, BBC melaporkan bahwa ada lebih dari 8.000 korban meninggal dunia dari gempa Turki-Suriah. Jumlah ini diyakini masih akan terus bertambah selagi evakuasi terus dilakukan.

 

Tragedi ini memicu empati dari dunia internasional, salah satunya Qatar. 

Qatar melalui Penasihat Wakil Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri sekaligus Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Dr. Majed bin Mohammad Al Ansari mengatakan negaranya akan mengirimkan bantuan 10.000 rumah mobil. 

Baca Juga: Cerita Penyelamatan Dramatis Bayi Kembar 1,5 Tahun Korban Gempa Turki, 40 Jam Tertimbun Puing-Puing

Penulis : Gilang Romadhan Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV/Anadolu-OANA/Uniindia.com


TERBARU