> >

Korea Selatan Siap Balas Provokasi Korea Utara

Kompas dunia | 5 Maret 2023, 11:17 WIB
Tentara Korea Selatan berpatroli di sepanjang pagar kawat berduri di Paju, Korea Selatan, dekat perbatasan dengan Korea Utara, Minggu, 26 September 2021. (Sumber: Associated Press)

SEOUL, KOMPAS.TV - Korea Selatan mengungkapkan mereka siap untuk membalas provokasi Korea Utara, yang membuat perang Korea terancam dimulai lagi.

Hal tersebut diungkapkan media lokal Korea Selatan, Sabtu (4/3/2023), jelang latihan gabungan Korea Selatan dengan Amerika Serikat (AS).

Latihan gabungan Korea Selatan dan AS akan dimulai pada 13 Maret mendatang.

Dikutip dari Anadolu Agency, Kantor Berita Yonhap menegaskan militer Korea Selatan telah bersiap menembakkan artileri ke “zona penyangga” di Utara.

Baca Juga: Mantan Mertua Abby Choi Bisa Bebas Jika Sisa Jasad Mutilasi Tak Ditemukan, Hanya akan Didenda

Itu menjadi balasan jika Pyongyang melanggar perjanjian pengurangan ketegangan militer antar-Korea 2018 dengan lebih dulu menembak “zona penyangga” di Selatan.

Pernyataan dari sumber militer tersebut muncul menjelang latihan militer gabungan Korea Selatan dan AS, yang terus mendapat kecaman dari Korea Utara.

Padahal kedua Korea telah menandatangani perjanjian yang dikenal sebagai perjanjian 19 September, yang menyerukan penghentian semua aktivitas militer yang bermusuhan di antara mereka.

Kesepakatan itu dicapai setelah pertemuan antara mantan Presiden Moon Jae-in dan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un pada 2018.

Pyongyang sendiri melanggar perjanjian 19 September dengan menembakkan artileri ke “zona penyangga” maritim antara kedua Korea sebanyak 13 kali tahun lalu.

Penulis : Haryo Jati Editor : Purwanto

Sumber : Anadolu Agency


TERBARU