> >

Pelapor Khusus PBB Sorot Media yang Pakai Kata "Bentrokan" dalam Berita Serangan Israel ke Al Aqsa

Kompas dunia | 7 April 2023, 03:05 WIB
Aparat Israel berdiri di kompleks Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem, wilayah Palestina yang diduduki Israel, Rabu, 5 April 2023. Media Palestina melaporkan, pasukan Israel menyerang jemaah Palestina yang berada di dalam situs suci tersebut. (Sumber: AP Photo/Mahmoud Illean)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Francesca Albanese, pelapor khusus (special rapporteur) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk wilayah Palestina yang berada di bawah pendudukan Israel, menyoroti pemberitaan media Barat terkait serbuan pasukan Israel ke kompleks Masjid Al Aqsa pada Rabu (5/4/2023).

Menurutnya, "liputan media yang menyesatkan" turut membuat pendudukan Israel dapat terus berlangsung tanpa bisa dikendalikan.

"Liputan media yang menyesatkan turut berkontribusi mengizinkan pendudukan Israel tak terkontrol dan harus dikencam/dijelaskan," cuitnya, Rabu.

"Kekerasan yang berulang terhadap jemaah Palestina di #MasjidAlAqsa pada Ramadan yang berubah menjadi penderitaan, mesti dikutuk, diselidiki, dan dijelaskan," imbuhnya.

Albanese merujuk pada sebuah berita BBC yang menyebut serangan pasukan Israel yang bersenjata terhadap jemaah di kompleks Masjid Al Aqsa sebagai "bentrokan" atau "clashes".

Baca Juga: PM Malaysia Desak DK PBB Hukum Israel usai Penyerbuan ke Kompleks Masjid Al Aqsa

Dilansir kantor berita Palestina, WAFA, Albanese kerap mengkritik pendudukan Israel atas Palestina. Dia dilarang memasuki wilayah Palestina yang berada di bawah pendudukan Israel, sejak ditunjuk menjadi Pelapor Khusus PBB pada April 2022.

Diberitakan Kompas TV sebelumnya, pasukan Israel menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem, wilayah Palestina yang diduduki Israel, pada Rabu (5/4/2023) dini hari waktu setempat dan menyerang jemaah yang sedang berada di dalam masjid.

Dilansir Al Jazeera, setidaknya 12 orang Palestina terluka akibat penyerangan ini dan lebih dari 400 orang ditahan Israel.

Pada Rabu malam, tentara Israel kembali menyerbu kompleks Masjid Al Aqsa seusai pelaksanaan salat tarawih.

Penulis : Edy A. Putra Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV/WAFA/Al Jazeera/Anadolu Agency


TERBARU