> >

Sadari Ancaman ke China, Xi Jinping Peringatkan Pejabat Keamanan untuk Siapkan Skenario Terburuk

Kompas dunia | 1 Juni 2023, 10:30 WIB
Presiden China Xi Jinping. Xi ingin pejabat keamanan nasional China mempersiapkan skenario terburuk atas ancaman ke negara itu. (Sumber: Jack Taylor/Pool Photo via AP, File)

BEIJING, KOMPAS.TV - Presiden China Xi Jinping,  memperingatkan pejabatnya untuk menyiapkan skenario terburuk.

Hal itu diungkapkan Xi di tengah usaha Partai Komunias China (CCP) untuk menghadapi ancaman internal dan eksternal ke negara itu.

Xi Jinping mengatakan bahwa pejabat keamanan nasional China harus bersiap untuk skenario terburuk dan bersiap untuk badai laut yang bisa menghantam China.

“Kompleksitas dan kesulitan masalah keamanan nasional yang kita hadapi sekarang telah meningkat secara signifikan,” ujar Xi, Selasa (30/5/2023), dikutip dari CNN.

Baca Juga: Trump akan Ditantang Mantan Wakilnya di Nominasi Calon Presiden AS dari Partai Republik

“Kita harus mematuhi pemikiran garis bawah dan pemikiran skenario terburuk, dan bersiap menjalani ujian besar dari angin kencang dan gelombang besar, bahkan lautan badai yang berbahaya,” tambahnya.

Instruksi tegas Xi Jinping tersebut datang saat China menghadapi sejumlah tantangan, dari ekonomi yang sedang berjuang hingga apa yang dilihatnya sebagai lingkungan internasional yang semakin tidak bersahabat.

Ia juga menyerukan agar China terus mendorong pembangunan pengawasan risiko keamanan nasional dan sistem peringatan dini.

Selain itu, juga meningkatkan pendidikan keamanan nasional dan meningkatkan manajemen keamanan data dan kecerdasan buatan.

 

Penulis : Haryo Jati Editor : Iman-Firdaus

Sumber : CNN


TERBARU