> >

Muhammadiyah dan NU Terima Penghargaan Zayed Award for Human Fraternity 2024 di Abu Dhabi

Kompas dunia | 7 Februari 2024, 13:37 WIB
Muhammadiyah (MU) dan Nahdlatul Ulama (NU) menerima penghargaan Zayed Award for Human Fraternity 2024 di Founder’s Memorial, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada Senin (5/2/2024). (Sumber: BPMI SETWAPRES)

ABU DHABI, KOMPAS.TV - Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) menerima penghargaan dari Zayed Award for Human Fraternity 2024 di Founders Memorial, Abu Dhabi, Senin (5/4/2024).

Zayed Award for Human Fraternity 2024 adalah penghargaan yang menunjung tinggi nilai-nilai kemanuasian dan toleransi. 

Dalam rilis dari Zayed Award for Human Fraternity, Muhammadiyah dan NU mendapatkan penghargaan karena memiliki upaya dalam mengatasi tantangan sosial yang kompleks, mendorong koeksistensi yang damai, dan mengobarkan semangat solidaritas antar umat manusia.

Baca Juga: NU dan Muhammadiyah Diusulkan Layak Terima Nobel

Upaya Muhammadiyah dan NU juga telah diakui memiliki dampak yang besar dalam pembangunan perdamaian.

“Dengan mendirikan institusi pendidikan dan rumah sakit, serta pengelolaan proyek pengentasan kemiskinan, kedua organisasi ini telah meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia dan kelompok rentan di seluruh dunia,” demikian keterangan dari Zayed Award for Human Fraternity.

Saat penyerahan penghargaan, Muhammadiyah diwakili oleh Ketua Umum (Ketum) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir.

Adapun NU diwakili oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Yahya Cholil Staquf.

Selain Muhammadiyah dan NU, Zayed Award for Human Fraternity juga memberikan penghargaan bagi ahli bedah jantung Profesor Sir Magdi Yacoub, pendiri Magdi Yacoub Heart Foundation di Mesir dan organisasi amal Chain of Hope di Inggris.

Dokter Yacoub dinilai telah menyediakan layanan medis, membantu menyelamatkan ribuan nyawa, mendirikan pusat jantung di Ethiopia, Mozambik, dan di Kigali, Rwanda.

Penulis : Fiqih Rahmawati Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU