> >

Tentara AS yang Bakar Diri di Depan Kedubes Israel Tewas, Kirim Pesan Tak Ingin Terlibat Genosida

Kompas dunia | 26 Februari 2024, 15:35 WIB
Tangkapan layar video saat personel Angkatan Udara AS, Aaron Bushnell, berjalan ke depan Kedubes Israel di Washington untuk melakukan aksi bakar diri, Minggu (25/2/2024). Bushnell mengaku melakukan aksi bakar diri untuk memprotes genosida terhadap masyarakat Palestina. (Sumber: Talia Jane via X)

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Tentara Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) yang membakar dirinya di depan Kedutaan Besar Israel di Washington, Minggu (25/2/2024) waktu setempat, Aaron Bushnell, dilaporkan meninggal dunia di rumah sakit.

Bushnell sempat dirawat di rumah sakit usai melakukan aksinya.

Jurnalis independen AS yang berbasis di New York, Talia Jane melaporkan, Bushnell meninggal dunia karena luka-luka yang diderita.

Talia mengaku telah berkomunikasi dengan keluarga dan teman dekat Bushnell.

Angkatan Udara AS telah mengonfirmasi bahwa pria yang membakar diri di depan Kedubes Israel merupakan personelnya. Bushnell mengenakan seragam militer saat menggelar aksi di Washington.

Baca Juga: Tentara AS Bakar Diri di Depan Kedubes Israel, Teriak "Bebaskan Palestina!"

 

Menurut laporan The Daily Beast, Bushnell nekat bakar diri untuk memprotes serangan Israel ke Jalur Gaza, wilayah Palestina yang diduduki Israel sejak 1967.

Sebelum melancarkan aksinya, Bushnell dilaporkan mengirim pesan ke media-media AS. Ia juga menyiarkan secara langsung aksinya melalui platform streaming video, Twitch.

"Hari ini, saya berencana terlibat dalam aksi protes ekstrem terhadap genosida masyarakat Palestina," kata Bushnell dalam pesannya, sebagaimana dikutip Time.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV, Time, Al Jazeera


TERBARU