> >

Putri Kim Jong-Un Disebut Orang Hebat yang Beri Bimbingan, Sinyal Calon Penguasa Korea Utara

Kompas dunia | 17 Maret 2024, 13:40 WIB
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un dengan putrinya, Kim Ju-ae di depan tentara Korea Utara. (Sumber: Sky News)

PYONGYANG, KOMPAS.TV - Media Korea Utara menyebut putri Kim Jong-un, Kim Ju-ae sebagai “Orang hebat yang memberi bimbingan”.

Gelar tersebut diberikan media Pemerintah Korea Utara, Sabtu (16/3/2024), dan menjadi sinyal calon penguasa negara itu selanjutnya.

Kantor Berita Korea Utara, KCNA melaporkan, Kim dan putrinya menyambangi lahan pertanian rumah kaca menggunakan bentuk jamak dari gelar tersebut.

Baca Juga: Ramadan di Rusia, Umat Muslim Moskow Pasang Tenda Besar buat Buka Puasa Bersama dan Ajak Non-Muslim

Hal tersebut menunjukkan bahwa istilah tersebut berlaku untuk keduanya.

“Para orang hebat yang membimibing, bersama kader-kader partai, pemerintah dan militer, berkeliling di pertanian,” bunyi laporan KCNA dikutip dari Channel News Asia.

Para analis mengatakan, untuk pertama kalinya, putri Kim Jong-un, yang tak pernah disebut namanya oleh media Pyongyang, digambarkan seperti itu di utara.

“Ini adalah ekspresi pertama dalam mengangkat Kim Ju-ae ke peringat seorang pemimpin,” kata Presiden Universitas Studi Korea Utara di Seoul.

Direktur Pusat Strategi Semenanjung Korea di Institut Sejong Cheong Seong-chang mengatakan, istilah Korea Utara, hyangdo, yang berarti pembimbing, biasanya diperuntukkan bagi pemimpin puncak atau penerus rezim.

“Tingkat pemujaan terhadap Kim Ju-ae secara pribadi menunjukkan bahwa ia akan menggantikan Kim Jong-un sebagai pemimpin Korea Utara berikutnya,” ucapnya.

Penulis : Haryo Jati Editor : Deni-Muliya

Sumber : Channel News Asia


TERBARU