> >

Daftar 143 Negara yang Akui Kedaulatan Palestina, 3 Negara Eropa Segera Menyusul

Kompas dunia | 22 Mei 2024, 23:07 WIB
Sederet bendera Palestina terlihat di pagar perkemahan demonstrasi pro-Palestina di Universitas Columbia di New York pada Rabu 24 April 2024. (Sumber: AP Photo)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Tiga negara Uni Eropa, Norwegia, Irlandia, dan Spanyol segera mengumumkan secara resmi mengakui kedaulatan Palestina sebagai negara merdeka.

Pemimpin pemerintahan dari ketiga negara tersebut kompak mengumumkan rencana pengakuan kedaulatan Palestina pada Rabu (22/5/2024).

Perdana Menteri Norwegia Jonas Gahr Store mehyebut, pengakuan kedaulatan Palestina diperlukan untuk mewujudkan solusi dua-negara.

Menurutnya, terwujudnya solusi dua-negara juga demi kepentingan Israel.

"Tidak ada perdamaian di Timur Tengah jika tidak ada pengakuan (kedaulatan Palestina)," kata Gahr Store dalam konferensi pers di Oslo sebagaiamana dikutip Al Jazeera, Rabu (22/5).

"Di tengah peperangan, dengan puluhan ribu terbunuh dan terluka (di Gaza), kita harus menghidupkan satu-satunya aternatif yang menawarkan solusi politis bagi Israel dan Palestina: dua negara, tinggal berdampingan dalam perdamaian dan keamanan," ujarnya.

Baca Juga: PM Norwegia Beri Sinyal Negara Eropa Lain Akan Ikut Akui Kedaulatan Palestina

Store dan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengumumkan akan mengakui secara resmi kedaulatan Palestina pada 28 Mei 2024.

Sedangkan Irlandia tidak membeberkan waktu tertentu untuk pengakuan kedaulatan.

Palestina telah diakui berdaulat sebagai negara oleh 144 negara di dunia, termasuk Indonesia.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU