> >

Korut Klaim Berhasil Uji Coba Luncurkan Rudal yang Bawa Banyak Hulu Ledak Independen

Kompas dunia | 28 Juni 2024, 07:21 WIB
Jejak kondensasi yang diyakini berasal dari rudal Korea Utara terlihat di lepas pantai Pulau Yeonpyeong, Korea Selatan, Rabu, 26 Juni 2024. Korea Utara mengklaim rudal tersebut berhasil meluncurkan beberapa hulu ledak, yang kemudian dipandu secara akurat ke tiga target yang telah ditentukan sebelumnya. (Sumber: AP Photo)

SEOUL, KOMPAS.TV - Korea Utara mengklaim berhasil uji coba penting dalam upaya mengembangkan rudal yang mampu membawa beberapa hulu ledak.

Pernyataan ini disampaikan media negara KCNA hari Kamis, 27/6/2024. Namun, klaim tersebut ditolak oleh Korea Selatan sebagai "penipuan" untuk menutupi peluncuran yang gagal.

Korea Utara menyebutkan uji coba dilakukan hari Rabu, 26 Juni 2024 menggunakan roket berbahan bakar padat tahap pertama dari rudal balistik jarak menengah.

Pengumuman ini datang sehari setelah militer Korea Selatan melaporkan Korea Utara meluncurkan apa yang tampak seperti rudal hipersonik dari pantai timurnya namun meledak di udara.

KCNA mengatakan rudal tersebut berhasil meluncurkan beberapa hulu ledak, yang kemudian dipandu secara akurat ke tiga target yang telah ditentukan sebelumnya.

“Tujuannya adalah untuk memastikan kemampuan menghancurkan target individu menggunakan beberapa hulu ledak,” kata KCNA.

Militer Korea Selatan menyatakan analisis bersama oleh militer Korea Selatan dan AS menunjukkan rudal tersebut meledak pada tahap awal penerbangan.

“Hari ini, Korea Utara mengungkapkan sesuatu, tetapi kami percaya ini hanyalah cara untuk menipu dan melebih-lebihkan,” kata Kolonel Lee Sung-joon, juru bicara Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, dalam sebuah konferensi pers.

Baca Juga: Uji Coba Rudal Hipersonik Korea Utara Diduga Gagal, Meledak di Udara

Warga Korea Selatan menonton program berita yang menyiarkan peluncuran rudal oleh Korea Utara, di Stasiun Kereta Api Seoul di Seoul, Korea Selatan, Rabu, 26 Juni 2024. Korea Utara mengklaim rudal tersebut berhasil meluncurkan beberapa hulu ledak, yang kemudian dipandu secara akurat ke tiga target yang telah ditentukan sebelumnya. (Sumber: AP Photo)

Foto-foto yang dirilis oleh Korea Utara yang diklaim sebagai hasil uji coba pada 26 Juni tersebut disebut dipalsukan atau menggunakan gambar daur ulang dari peluncuran sebelumnya.

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Straits Times


TERBARU