> >

LRT Jabodebek Beroperasi Mulai Besok, Simak Cara Bayar Tiketnya

Travel | 27 Agustus 2023, 18:09 WIB
Petugas berbincang di Stasiun LRT Harjamukti, Depok, Jawa Barat, Rabu (12/7/2023). Cara bayar tiket LRT Jabodebek yang akan beroperasi mulai Senin (28/8/2023). (Sumber: KOMPAS/ADRYAN YOGA PARAMADWYA )

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) akan beroperasi mulai besok Senin (28/8/2023). Simak cara bayar tiket LRT Jabodebek berikut ini.

Rencananya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan kereta tanpa masinis ini pada hari Senin, usai uji coba operasional terbatas pada 26-27 Agustus 2023.

Mulai besok Senin, LRT Jabodebek akan beroperasi penuh setiap hari pada pukul 05.00 WIB hingga 23.30 WIB. LRT Jabodebek akan melayani penumpang dalam 434 perjalanan dengan 27 rangkaian kereta.

Rute LRT Jabodebek dibagi ke dalam dua line yang akan berhenti di 18 stasiun pemberhentian. Line Cibubur akan melewati Stasiun Dukuh Atas - Cawang - Stasiun Harjamukti, sedangkan Line Bekasi melewati Stasiun Dukuh Atas - Cawang - Stasiun Jatimulya.

Baca Juga: Catat! Ini 10 Kantong Parkir LRT Jabodebek yang akan Mulai Beroperasi Besok

Cara Bayar Tiket LRT Jabodebek

Penumpang LRT Jabodebek wajib menyiapkan uang elektronik atau dompet digital karena sistem pembayaran dilakukan secara nontunai alias cashless.

Kartu uang elektronik yang dapat digunakan, di antaranya kartu dari perbankan  BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, BCA, dan Bank DKI Jakarta, KMT KAI Commuter, pindai QRIS Link Aja, dan KAI PAY.

Jika saldo Anda habis atau belum memiliki uang elektronik, Anda dapat mengisi ulang atau top up di dua unit ticket vending machine yang ada di stasiun. 

Jika alat pembayaran sudah siap, Anda bisa langsung melakukan tap in di stasiun keberangkatan dan tap out di stasiun tujuan. Saldo akan otomatis terpotong begitu tap out.

Baca Juga: LRT Jabodebek Diresmikan Senin Besok, Cek Rute, Tarif, Jam Operasional, dan Tata Cara Naiknya

Tarif LRT Jabodebek

Penulis : Fiqih Rahmawati Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas.com


TERBARU