> >

Ucapan dan Meneladani Rasulullah di Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 2023

Tren | 28 September 2023, 09:15 WIB
Ilustrasi maulid Nabi Muhammad. Inilah kisah keajaiban Nabi Muhammad (Sumber: freepik)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Maulid Nabi adalah momen untuk mengenang kelahiran Nabi Muhammad SAW, sosok yang telah memberikan ajaran dan kepemimpinan menginspiratif kepada umat Islam.

Berdasarkan sumber dari baznas.go.id, Kamis (28/9/2023), tradisi merayakan Maulid Nabi dilakukan oleh masyarakat Muslim Arab sejak kurang lebih tahun kedua hijriah. Khaizuran, seorang wanita terhormat pada eranya, adalah salah satu yang mempopulerkan peringatan ini di Madinah dan Mekah.

Ia memerintahkan penduduk Madinah untuk menggelar perayaan Maulid Nabi di Masjid Nabawi. Ketika berada di Mekah, ia juga menganjurkan masyarakat setempat untuk memperingati Maulid Nabi di rumah-rumah mereka.

Baca Juga: Catat, Ganjil Genap di Jakarta Ditiadakan saat Libur Nasional Maulid Nabi Besok

Inti dari peringatan ini adalah untuk mendorong umat Islam mengenang dan meneladani Nabi Muhammad SAW, yang lahir pada tanggal 12 Rabiul Awwal, atau yang dikenal sebagai Tahun Gajah (570 M).

Dengan demikian, setiap tanggal 12 Rabiul Awwal menjadi hari di mana umat Islam di seluruh dunia memperingati Maulid Nabi.

Baca Juga: 50 Link Twibbon Maulid Nabi Muhammad 2023 Terbaru Gratis Beserta Doanya dalam Bahasa Arab

Tips Meneladani Rasul di Bulan Rabiul Awal

Memperbanyak Salawat Nabi

Mulai kembali dengan memperbanyak bacaan salawat kepada Nabi Muhammad SAW. Terdapat berbagai jenis salawat yang bisa kita baca, seperti salawat badar, salawat Nariyah, dan lainnya. Memperbanyak salawat merupakan cara sederhana namun penuh makna untuk menunjukkan cinta dan rasa hormat kita kepada Rasulullah.

Mempelajari Sirah Nabi

Penulis : Danang Suryo Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU