> >

Mengenal Diet Eat Clean dan Cara Memulainya

Kesehatan | 29 Januari 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi melakukan diet. (Sumber: Diana Polekhina on Unsplash)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Diet eat clean adalah pola makan yang mengutamakan konsumsi makanan utuh dan alami yang tidak melalui proses pengolahan berlebihan.

Makanan utuh dan alami ini biasanya mengandung nutrisi yang lebih tinggi dan lebih rendah kalori, lemak, gula, dan garam.

Dikutip dari laman Eating Well, prinsip dasar diet eat clean adalah mengonsumsi makanan yang padat nutrisi dan rendah kalori. Prinsip makan bersih ini hampir serupa dengan pola diet sehat seimbang yang dianjurkan Kementerian Kesehatan Indonesia.

Melansir laman WebMD, makanan yang dikonsumsi saat diet eat clean harus padat nutrisi seperti protein tanpa lemak, karbohidrat, lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral. Diet clean eating efektif mengurangi berat badan sekitar 1,3 kilogram dalam satu minggu sekaligus memberi manfaat signifikan pada kesehatan tubuh sehingga terlihat bugar.

Baca Juga: Inspiratif! Ini Cara Diet Kahiyang Ayu, Berat Badan Turun sampai 30 Kg, Apa Saja Faktornya?

Diet eat clean harus dilakukan secara bertahap agar benar-benar terasa nyaman. Diet ini memiliki prinsip untuk menjadi bagian dari gaya hidup sehat.

Berikut ini adalah panduan menjalani pola makan clean eating yang tepat beserta contoh menunya:

1. Pilih sumber karbohidrat yang padat nutrisi

Pada prinsip clean eating, sebisa mungkin hindarilah asupan makanan karbohidrat olahan, seperti roti tawar dan kue kering. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi sumber karbohidrat yang padat nutrisi.

Contoh makanan ini adalah nasi merah, kentang dengan kulitnya, serta pasta atau roti gandum utuh. Selain itu, Anda juga bisa memilih biji-bijian utuh lain, seperti oatmeal dan barley.

2. Pilih sumber protein rendah lemak

Bagi Anda yang sedang menjalani clean eating, penting untuk memperhatikan pemilihan asupan protein rendah lemak, seperti dada ayam, daging sapi bagian has dalam, dan ikan sarden. Pastikan pula asupan protein diperoleh dari sumber yang tepercaya.

Penulis : Switzy Sabandar Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU