> >

Jokowi Berharap Sulbar Segera Pulih Usai Diguyur Bantuan Pemerintah Pusat

Peristiwa | 19 Januari 2021, 13:44 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi Berharap Sulbar Segera Pulih Usai Diguyur Bantuan Pemerintah Pusat. (Sumber: Youtube Setpres)

KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi gempa di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) hari ini, Selasa (19/1/2021).

Di sana, Jokowi beserta rombongan melihat gedung, rumah, hingga fasilitas umum yang roboh akibat gempa.

Mantan Wali Kota Solo itu juga mengunjungi tenda pengungsian untuk bertemu masyarakat yang menjadi korban gempa Mamuju dan Majene.

Baca Juga: Jokowi Pastikan Rumah Roboh Akibat Gempa Mamuju dan Majene Diganti Rp 50 Juta

"Saya datang untuk memastikan bahwa proses evakuasi, proses bantuan kepada masyarakat, kemudian logistik pengungsi dan juga tenda-tenda pengungsi dikelola dengan baik. Ini yang ingin saya pastikan," ujar Jokowi di lokasi, Selasa.

"Saya sudah sampaikan ke gubernur untuk gedung-gedung pemerintah yang roboh setelah diaudit nanti segera pemerintah pusat akan bangun kembali," tambahnya.

Selain itu, Jokowi juga memastikan bahwa warga yang rumahnya terdampak gempa juga akan diperbaiki sesuai tingkat kerusakan.

"Untuk rumah penduduk yang roboh, pemerintah akan membantu. Untuk yang rusak berat Rp 50 juta, untuk yang rusak sedang Rp 25 juta, dan untuk yang rusak ringan, berarti yang hanya retak-retak, Rp 10 juta," jelas Jokowi.

Dia berharap bahwa bantuan pemerintah pusat tersebut bisa mempercepat pemulihan pascabencana di Sulbar, khususnya Mamuju dan Majene.

"Kita harapkan dengan bantuan dari pemerintah pusat, pemuliahan kembali baik rumah-rumah yang roboh maupun pemulihan ekonomi, pemulihan proses pelayanan di pemerintahan di birokrasi akan kembali normal," pungkas Jokowi.

Penulis : Fadhilah

Sumber : Kompas TV


TERBARU