> >

Memprihatinkan, Menkes Budi Ungkap Jumlah Tenaga Kesehatan yang Meninggal Karena Covid-19

Update corona | 27 Januari 2021, 09:57 WIB
Menkes Budi Gunadi saat divaksin Covid-19 pada Rabu (27/1/2021). Menkes Budi berpesan pemerintah dan masyarakat harus bekerja keras setelah kasus Covid-19 tembus satu juta kasus. (Sumber: Youtube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo mendapat vaksin Covid-19 dosis kedua pada Rabu (27/01/2021) di Kompleks Istana Kepresidenan. Setelah Presiden Jokowi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga menerima vaksin dosis kedua.

Dalam kesempatan yang sama Menkes Budi berpesan pada masyarakat. Hal ini terkait kasus Covid-19 di Indonesia yang telah mencapai lebih dari 1 juta kasus.

“Kemaren angkanya menembus 1 juta. Saya sampaikan ada dua momen penting yang kita harus kita tarik dari angka ini. Terus terang pertama, momen berduka,” kata Menkes Budi.

Baca Juga: Reaksi Presiden Jokowi Setelah Vaksin Kedua: Nggak Terasa

Budi juga menyoroti tenaga kesehatan yang banyak menjadi korban Covid-19. Ia menyebut, sudah ada 600 tenaga kesehatan meninggal.

“Itu tenaga kesehatan yang sudah 600 wafat, jangan sampai mereka wafat sia-sia. Kita harus memastikan perjuangan mereka harus bisa kita teruskan. Kita harus terus bekerja jauh lebih keras, sangat keras agar ini (Penularan Covid-19) menurun,” ujarnya.

Ia juga meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Seperti diketahui, protokol kesehatan itu terdiri dari memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

“Seluruh rakyat bergerak bersama-sama. Gak mungkin kita (sendirian) bisa,” katanya.

“Yang kedua dari Kementerian Kesehatan, saya akan memastikan proses testing, tracing dan isolasi treatment akan mati-matian kita kejar secepat-cepatnya dan seluas-luasnya,” tambahnya.

Langkah ini ia akui membutuhkan kerja sangat keras.

Penulis : Ahmad-Zuhad

Sumber : Kompas TV


TERBARU