> >

Survei: Elektabilitas PDIP Tertinggi, Gerindra Merosot Usai Masuk Kabinet

Politik | 22 Februari 2021, 18:40 WIB
Ilustrasi: Gedung DPP PDIP, kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (27/8/2015). (Sumber: Tribunnews.com/Lendy Ramadhan)

JAKARTA, KOMPAS.TV - PDI Perjuangan (PDIP) rupanya masih menjadi partai dengan elektabilitas tertinggi dibanding partai politik lainnya.

Hal tersebut berdasarkan hasil survei Parameter Politik berkaitan dengan partai politik. PDIP mendapat porsi paling banyak yaitu 25,1 persen.

"PDI-P sementara masih menjadi partai dengan elektabilitas tertinggi 25,1 persen disusul Golkar dengan 11,2 persen dan Gerindra 10,9 persen," demikian informasi dalam rilis survei Parameter Politik dikutip dari Kompas.com, Senin (22/2/2021).

Baca Juga: Hasil Survei Kinerja Jokowi, FPI dan Muhammadiyah Tak Puas

Adapun survei ini dilakukan kepada 1.200 responden dengan pertanyaan jika pemilihan umum legislatif dilakukan saat ini, partai politik mana yang akan dipilih.

Lebih lanjut, di posisi keempat ada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 8 persen; Demokrat 6 persen; Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 5,8 persen; dan Nasdem 5,4 persen.

Kemudian PAN dengan 5,1 persen; PPP 4,3 persen; Perindo 1,9 persen; PSI 1,5 persen; Berkarya 1,4 persen; Hanura 1,2 persen; PBB 0,6 persen; Garuda 0,3 persen; dan PKPI 0,2 persen.

Tim survei menyoroti elektabilitas Partai Gerindra yang dinilainya mengalami penurunan.

Tim menyimpulkan, penurunan tersebut patut diduga disebabkan efek negatif bergabungnya Gerindra ke dalam Kabinet Kerja jilid 2.

Selain itu, survei menanyakan kepada responden mengenai jumlah partai politik yang ada di Indonesia saat ini. Jawaban responden pun terbelah.

Penulis : Fadhilah

Sumber : Kompas TV


TERBARU