> >

PP Muhammadiyah: Idulfitri 1442 H Jatuh pada Kamis 13 Mei

Agama | 11 Mei 2021, 00:11 WIB
PP Muhammadiyah mengeluarkan tujuh panduan merayakan Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19. (Sumber: Switzy Sabandar/KOMPAS.TV)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Warga Muhammadiyah akan merayakan Lebaran tahun 2021 ini pada Kamis (13/5/2021).

Hal ini tak terlepas dari keputusan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang menetapkan bahwa Idulfitri 1 Syawal 1442 Hijriah jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021.

Agung Danarto selaku Sekretaris PP Muhammadiyah menjelaskan penentuan 1 syawal  1442 H oleh PP Muhammadiyah dengan menggunakan metode hisab. Adapun hisab merupakan perhitungan secara matematis dan astronomis untuk menentukan posisi bulan dalam menentukan dimulainya awal bulan pada kalender Hijriah.

Baca Juga: Jelang Idul Fitri PP Muhammadiyah: Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19 Wujud Aktualisasi Takwa

"PP Muhammadiyah menentukan hari raya Idul Fitri, 1 Syawal 1442 Hijriah jatuh pada hari Kamis 13 Mei 2021, penentuan ini berdasarkan metode hisab," katanya saat jumpa pers di gedung PP Muhammadiyah, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Senin (10/5/2021).

Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19 dan kasus penularan belum kunjung melandai, PP Muhammadiyah meminta masyarakat memerhatikan beberapa hal saat merayakan Idulfitri 1442 H tahun ini.

Terkait pelaksanaan takbir keliling, dianjurkan agar dilaksanakan dari kediaman masing-masing dengan khusyuk dan melibatkan anggota keluarga sehingga tercipta suasana  kerohanian yang semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca Juga: 7 Panduan Merayakan Idul Fitri 1442 H di Tengah Pandemi Covid-19 dari PP Muhammadiyah

Namun jika ingin tetap menggelar, sebaiknya hanya dilaksanakan di lingkungan masjid secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

"Selama tidak ada jemaah yang terpapar Covid-19 masih diperbolehkan, dengan pembatasan jumlah orang dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat," ungkap dia.

Penulis : Gading Persada Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU