> >

Presiden Jokowi Tegaskan OSS Tidak Akan Mengebiri Kewenangan Daerah

Berita utama | 9 Agustus 2021, 14:03 WIB
Tangkapan layar Presiden RI Joko Widodo dalam peluncuran Sistem Online Single Submission berbasis risiko di Jakarta , Senin (9/8/2021) (Sumber: Kompas.tv)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Jokowi juga menekankan bahwa layanan Online Single Submission (OSS) berbasis risiko tidak untuk mengebiri kewenangan daerah.

Demikian Presiden Jokowi mengatakan saat meresmikan Peluncuran Sistem Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko, Senin (9/8/2021).

“Tapi justru memberikan standar pelayanan bagi semua tingkatan pemerintah yang mengeluarkan izin, baik di level pusat maupun daerah agar tanggung jawabnya semakin jelas dan layanannya juga makin sinergis,” tegas Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengaku sudah banyak mendengar aspirasi para pelaku usaha, baik yang kecil maupun besar dan disampaikan semuanya sama.

“Para pelaku usaha membutuhkan layanan yang mudah, cepat, dan tidak berbelit-belit,” ujarnya.

Baca Juga: Dengar Pengusaha Sulit Buka Izin Usaha, Jokowi: Ada Aparat Pemerintah Tidak Bersih, Laporkan ke Saya

“Jika ini terpenuhi, maka saya yakin akan memberikan dampak yang signifikan bagi pergerakan ekonomi nasional maupun di daerah.”

Untuk itu, Presiden Jokowi berharap pengusaha, investor baik di dalam maupun luar negeri, pelaku UMKM maupun pengusaha besar agar memanfaatkan layanan yang super mudah ini dengan sebaik-baiknya.

“Agar membuka volume investasi dan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya,” katanya.

Dalam pernyataannya, Presiden Jokowi menegaskan tidak ingin lagi mendengar ada kesulitan yang dihadapi para pengusaha.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU