> >

Jokowi Berharap Bendungan Gongseng dan Tugu Bisa Dimanfaatkan untuk Ketahanan Pangan

Berita utama | 30 November 2021, 12:59 WIB
Presiden Joko Widodo berharap keberadaan Bendungan Gongseng di Bojonegoro dan Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek dapat dimanfaatkan dalam rangka ketahanan pangan Indonesia. (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)

JAWA TIMUR, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo berharap keberadaan Bendungan Gongseng di Bojonegoro dan Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek dapat dimanfaatkan dalam rangka ketahanan pangan Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi seusai meresmikan Bendungan Gongseng di Bojonegoro dan Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek, Selasa (30/11/2021).

“Pagi hari ini alhamdulillah kita mendapatkan tambahan 2 bendungan besar lagi di provinsi Jawa Timur, yakni Bendungan Gongseng di Bojonegoro, dan juga Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek,” ucap Presiden Jokowi.

“Keduanya telah siap untuk dimanfaatkan dalam rangka ketahanan pangan kita,” tambah Jokowi.

Dalam keterangannya, Presiden Jokowi mengatakan Bendungan Tugu dibangun dengan biaya Rp1,69 triliun dengan kapasitas tamping 12 juta meter kubik dan memberikan manfaat irigasi seluas 1250 hektar.

Baca Juga: Ke Jatim, Jokowi Resmikan Bendungan Tugu dan Gongseng hingga Tanam Padi Bareng Petani

“Kemudian Bendungan Gongseng, ini memiliki daya tampung 22 juta meter kubik dan bisa mengairi 6200 hektar,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi berharap dengan tambahan dua bendungan ini, aktifitas pertanian masyarakat akan semakin meningkat.

“Petani akan semakin produktif, lebih sering bisa menanam dan panen. Sehingga kita harapkan pendapatannya meningkat,” ujarnya.

Berdasarkan keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU