> >

Kapolri Bertemu Kepala Polisi Malaysia di Mabes, Bahas Pekerja Migran dan Pandemi Covid

Peristiwa | 26 Januari 2022, 01:01 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Sumber: Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV  - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bertemu dengan Kepala Kepolisian Malaysia (Inspector General of Police) Tan Sri Acryl Sani bin Abdullah Sani di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (25/1/2022).

Mereka membahas salah satu isu yang kerap kali diketahui banyak orang, yakni permasalahan pekerja migran indonesia (PMI). 

Listyo Sigit menyampaikan, dalam menyelesaikan masalah buruh migran perlu sinergitas, komunikasi dan koordinasi kedua pihak, terutama yang menggunakan jalur ilegal. 

Dia berharap tidak ada lagi kasus yang muncul terkait dengan kerugian yang dialami WNI di Malaysia. 

"Terkait dengan isu, khususnya di sini beberapa waktu lalu baru juga menghadapi isu imigran gelap yang masuk ke sana dan menyelundup. Kalau kita lihat dari data hampir setiap hari selalu ada dan ini akan sangat bagus jika melalui jalur legal," kata Sigit dalam pertemuan tersebut.

Baca Juga: Temuan Kurungan Manusia di Rumah Bupati Langkat, Migrant Care: Pekerja Disiksa dan Tidak Digaji

Mantan Kapolda Banten ini juga menyebut bahwa permasalahan munculnya penyelundupan PMI secara ilegal karena kebanyakan melalui jalur-jalur tikus.

Karena itu, Sigit menekankan adanya kerjasama antara kedua negara untuk kemudahan proses monitoring dan koordinasi apabila munculnya peristiwa sama kedepannya. 

"Kita ingin semua yang bekerja di luar, kita bisa ikuti perkembangannya. Kalau kemudian ada sesuatu lebih mudah untuk berkoordinasi," ujar eks Kabareskrim Polri ini.

Baca Juga: TNI AL Tangkap Calo yang Kirim 5 TKI Ilegal ke Malaysia

Penulis : Vidi Batlolone Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU