> >

Adu Penalti Anies dan Emil Dinilai sebagai Tanda Siap Berkompetisi di Pilpres 2024

Politik | 17 Februari 2022, 18:36 WIB
Anies Baswedan dan Ridwan Kamil (Emil) melakukan duel adu penalti di Jakarta International Stadium (JIS), Rabu (16/2/2022). (Sumber: Instagram @ridwankamil)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Momen adu penalti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil) di Jakarta Internasional Stadium mensinyalir kedua tokoh tersebut sudah siap berkompetisi di Pemilu 2024 mendatang. 

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai meski momen adu tendangan penalti hanya sebatas seremonial untuk memperkenalkan JIS, tapi ada pesan tersirat yang hendak ditunjukkan oleh keduanya.

Momen tersebut menunjukkan Anies dan Kang Emil sudah siap berkompetisi secara fair pada gelaran pemilihan presiden 2024 mendatang.

"Sebagai pemimpin daerah yang masuk sebagai capres potensial 2024, ini menunjukkan mereka siap berkompetisi tapi siap bersama-sama berpasangan," ujar Hendri, Kamis (17/2/2022). Dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Anies Baswedan dan Ridwan Kamil Duel Adu Tendangan Penalti, Siapa yang Menang?

Di sisi lain, Hendri menambahkan pesan lain dalam momen itu adalah kompetisi tetap dilakukan dengan cara yang positif. 

Menurut Hendri, rivalitas positif yang ditunjukan Anies dan Ridwan Kamil bagi atmosfer persaingan di pilpres mendatang patut diapresiasi.

Selain itu Posisi Anies dan Ridwan Kamil yang saat ini memimpin daerah yang bertetangga juga menunjukkan pesan bahwa mereka siap bersinergi dalam pembangunan daerah.

"Mereka mengkomunikasikan dalam persaingan ada persahabatan yang tetap terjalin. Jadi ini sebuah komunikasi politik yang apik dan tinggi nilainya," ujar Hendri.

Peluang Bersatu

Kans Anies Baswedan dan Ridwan Kamil bersatu di Pilres 2024 dinilai sangat kecil. 

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV/Kompas.com


TERBARU