> >

Indonesia Diguncang 13 Gempa Selama Sepekan, BMKG Imbau Warga Tak Perlu Panik

Peristiwa | 17 Maret 2022, 13:34 WIB
Ilustrasi. BMKG mengungkapkan dalam sepekan terakhir, terdapat peningkatan aktivitas gempa bumi di Tanah Air. (Sumber: TribunJogja.com/Ist)

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan dalam sepekan terakhir, terdapat peningkatan aktivitas gempa bumi di Tanah Air.

 

Kepala bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menyebut tercatat ada 13 gempa selama sepekan terakhir dengan berbagai variasi magnitudo dan kedalaman.

Menurut penjelasannya, 10 dari 13 gempa ini dipicu oleh aktivitas sesar aktif.

"Hanya 2 kejadian gempa saja yang berasosiasi dengan aktivitas subduksi lempeng seperti halnya Gempa Selatan Jabar (M5,3) pada 16 Maret 2022 dan Gempa Siberut (M6,7) pada 14 Maret 2022," kata Daryono melalui akun Twitter miliknya, @DaryonoBMKG, yang dikutip Kamis (17/3/2022).

Meski demikian, Daryono mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik terkait adanya peningkatan aktivitas gempa terkini.

"Peningkatan aktivitas gempa sepekan terakhir ini merupakan hal yang wajar, karena sumber gempa kita memang banyak dan sangat aktif, kita tetap tenang dan waspada, tidak perlu panik," ujarnya. 

Lebih lanjut dia menuturkan bahwa rentetan gempa sepekan terakhir ini bukan karena saling picu satu gempa dengan yang lain. 

Baca Juga: BMKG: Balapan MotoGP Mandalika 2022 Berpotensi Hujan Lebat, Waspada!

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU