> >

Akhirnya Megawati Ungkap Alasan Ditunjuk Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN: Ini Bukan Keinginan Saya

Politik | 20 April 2022, 22:46 WIB
Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri memberi sambutan secara virtual dalam acara Pembentukan BRIDA yang ditayangkan di kanal YouTube BRIN Indonesia, Rabu (20/4/2022). (Sumber: YouTube BRIN)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menceritakan awal mula dirinya dipilih Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). 

Terpilihnya Megawati berawal dari keheranannya dengan minimnya anggaran riset yang diberikan pemerintah.

Megawati mengaku sempat berbincang dengan Presiden Jokowi terkait pengembangan riset Indonesia.

Baca Juga: Singgung Indonesia Emas 2045, Megawati: Saya Bilang ke Presiden Emasnya Kaya Gimana

Menurutnya, Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia sangat memumpuni dalam menjalankan penelitian. Tak hanya itu anak Indonesia yang pintar juga bisa didorong untuk ikut membantu pengembangan penelitian.

"Riset kita itu, saya sendiri tidak mengeri. Orang pinter di Indonesia banyak, anak Indonesia pinter-pinter banyak, tetapi kenapa riset kita di dalam pembicaraan proses APBN dan APBD jadi terbelakang," ujar Megawati saat acara Kickoff Pembentukan BRIDA yang ditayangkan di kanal YouTube BRIN Indonesia, Rabu (20/4/2022).

Megawati menyampaikan dirinya sudah cukup banyak berbicang dengan Presiden Jokowi mengenai pengembangan riset Indonesia yang dapat didukung dalam APBN. 

Ia juga memberi masukan kepada Presiden agar dana riset di APBN dapat ditingkatkan dan ada satu lembaga riset untuk semua. 

Baca Juga: 4 Perempuan Peneliti BRIN Jadi Profesor Riset, Siapa Mereka?

Singkat cerita, hal tersebut malah membuat Megawati ditunjuk oleh Jokowi sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN.

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU