> >

Di Depan Peneliti BRIN Megawati Blak-Blakan Soal Gelar Profesor Kehormatan dari Unhan

Politik | 21 April 2022, 03:06 WIB
Pengukuhan Gelar Profesor Kehormatan kepada Megawati Soekarnoputri, Jumat (11/6/2021). (Sumber: Youtube/Ganjar Pranowo)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri blak-blakan soal gelar profesor kehormatan dengan status guru besar tidak tetap yang diberikan Universitas Pertahanan.

Penjelasan Megawati soal gelar profesor kehormatan dari Unhan ini diungkap saat memberi sambutan secara virtual di acara pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA), Rabu (20/4/2022).

Megawati menyatakan gelar profesor tersebut diberikan bukan atas kemauannya, melainkan hasil penilaian dari senat Unhan.

Baca Juga: 4 Perempuan Peneliti BRIN Jadi Profesor Riset, Siapa Mereka?

"Saya sendiri kaget dapat gelar profesor. Saya nggak mau kalau jual beli gelar," ujarnya seperti dikutip dari kanal YouTube BRIN Indonesia, Rabu (20/4/2022).

Megawati menjelaskan gelar profesor tersebut didapat lantaran senat Unhan melihat dua kategori yang ada di dirinya. Yakni teori bisa dipertahankan, dan ada pelaksanaannya.

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) itu menyatakan dirinya berhasil dalam pelaksanaan dalam tata pemerintahan dan pemerintahan.  

"Ketika masa krisis saya dapat keluar, membawa bangsa Indonesia keluar dari krisis (ekonomi). Itu saya yang minta (gelar profesor) enggak, orang yang kasih," ujar Megawati. 

Baca Juga: Akhirnya Megawati Ungkap Alasan Ditunjuk Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN: Ini Bukan Keinginan Saya

Megawati menilai Indonesia bisa bangkit dari pandemi Covid-19, karena ditopang dari segala aspek.

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU