> >

KKB Sesalkan Pihak yang Melihat Ade Armando Tidak sebagai Korban Kekerasan

Politik | 22 April 2022, 01:05 WIB
Juru bicara Koalisi Kebebasan Berpendapat Andy Budiman saat acara solidaritas untuk Ade Armando yang digelar secara virtual, Kamis (21/4/2022). (Sumber: KOMPAS TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Koalisi Kebebasan Berpendapat (KKB) menyayangkan adanya pihak-pihak yang mengeluarkan pernyataan dengan melihat pandangan Ade Armando saja dibanding sebagai korban kekerasan.

Juru bicara KKB Andy Budiman menilai seharusnya tindakan kekerasan menjadi hal yang patut dikecam, tanpa melihat sisi lain dari korban.

Menurut Andy, sikap yang perlu dijadikan standar dalam kehidupan bersama yakni mengecam tindak kekerasan dengan alasan apa pun.

Baca Juga: Koalisi Kebebasan Berpendapat Gelar Aksi Solidaritas Bagi Ade Aramando

Hal lain, analisa, pendapat dan opini dari orang yang menjadi korban kekerasan dapat ditempatkan pada saat yang tepat.

"Masih ada kesempatan lain bagi kita untuk berdebat soal itu. Tetapi yang harus diutamakan adalah mengutuk kekerasan itu supaya hal ini tidak menjadi sesuatu yang normal. Ini yang harus menjadi perhatian kita semua," ujar Andy dalam acara solidaritas untuk Ade Armando secara virtual, Kamis (21/4/2022).

Andy menambahkan jika aksi kekerasan tidak mendapat kecaman, maka ke depannya jalan tersebut menjadi hal yang bisa dalam mengahadapi perbedaan pendapat.

Padahal perbedaan pendapat hal yang lumrah terjadi di negara berdemokrasi. 

Baca Juga: Unggahan Dosen UGM Soal Ade Armando Dinilai Mengandung Ujaran Kebencian

Ia juga menyanyangkan banyak pihak yang menyalahkan kekerasan terhadap Ade Armando muncul akibat adanya polarisasi politik. 

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU