> >

Kisah JK Dijuluki The Real President oleh Buya Syafii Maarif, Bikin Dia Enggak Enak sama SBY

Peristiwa | 28 Mei 2022, 21:58 WIB
Jusuf Kalla dalam Takziah Virtual ke-2 mengenang Buya Syafii Maarif yang digelar malam ini, Sabtu (28/5/2022). (Sumber: TV Muhammadiyah)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Wakil Presiden RI Periode 2004-2009 dan 2014-2019 Jusuf Kalla mengenang salah satu momen unik ketika bersama dengan Buya Syafii Maarif.

Momen itu adalah ketika almarhum Buya Syafii Maarif menyebutnya sebagai the real president.  Padahal, ketika itu dia masih menjabat sebagai wakil presiden periode 2004-2009 mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Jusuf Kalla mengisahkan hal itu dalam Takziah Virtual ke-2 Prof Syafii Maarif yang digelar PP Muhammadiyah malam ini, Sabtu (28/5/2022).

“Beliau tidak selalu saja mengkritisi seseorang, tapi juga kadang memuji. Saya pernah oleh beliau, mungkin bagi saya secara berlebihan, disebut the real president,” katanya dalam acara yang diikuti KOMPAS.TV secara virtual di TV Muhammadiyah, Sabtu (28/5/2022).

JK, sapaan Jusuf Kalla, bukannya besar kepala dengan pujian tersebut, tetapi justru merasa sebaliknya.

“Saya jadi tidak enak sama presidennya yang beneran (waktu itu SBY, red). Itu saya kira pujian, bukan kritik, tapi bikin memberi semangat apabila menjalankan sesuatu yang benar,” tambahnya.

Ia pun mengenang Buya Syafii Maarif sebagai sosok guru bangsa dan pemuka agama Islam yang paling luwes bergaul.

“Dia pemuka agama Islam yang paling banyak sahabatnya di agama-agama lain. Tidak canggung bersama dalam persahabatan antaragama," tambahnya. 

Baca Juga: Berduka, Jusuf Kalla Sampaikan Kelebihan Buya Syafii Mudah Dekat dengan Pemimpin Agama Lain

Jusuf Kalla The Real President 

Sebagaimana arsip Kompas pada 2008, Buya Syafii Maarif pernah menyatakan bahwa the real president saat itu adalah Jusuf Kalla, dan bukannya Presiden SBY yang saat itu memimpin. 

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU