> >

Soal Konvoi Motor Beratribut Khilafah, Jaringan Moderat: Bergerak Leluasa karena Berkah Pancasila

Update | 31 Mei 2022, 18:02 WIB
Islah Bahrawi sebut konvoi motor beratribut khilafah bisa bergerak leluasa karena mereka hidup di negara demokratis dan berkah dari Pancasila. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Peserta konvoi motor beratribut khilafah bisa bergerak leluasa karena mereka hidup di negara demokratis dan berkah dari Pancasila.

Penjelasan itu disampaikan Islah Bahrawi, Direktur Eksekutif Jaringan Moderat Indonesia, dalam program Kompas Petang di Kompas TV, Selasa (31/5/2022).

Menurutnya, gerakan-gerakan semacam itu merupakan gerakan menuju ke arah negara teokratis, dan biasa terjadi di negara-negara demokratis.

“Ini biasa terjadi di negara-negara demokratis. Mereka ini bisa hidup karena memanfaatkan kebebasan di alam demokrasi,” jelas Islah. 

“Mereka bisa hidup karena kita menganut falsafah Pancasila. Nah, falsafah Pancasila ini ironisnya di tangan mereka justru diharamkan.”

Baca Juga: Viral, Konvoi Sepeda Motor Beratribut "Khilafatul Muslimin"

Padahal, lanjut Islah, di negara-negara teokratis, atau negara-negara dengan sistem monarki, gerakan-gerakan seperti ini justru dilarang dan dipersekusi.

“Tapi mereka tidak mau mengerti, bahwa mereka bisa bergerak leluasa seperti ini karena berkahnya Pancasila,” tegasnya.

Mengenai mengapa gerakan-gerakan ini baru bermunculan, Islah menyebut bahwa ini sebenarnya adalah pragmatisme politik.

Semua gerakan-gerakan seperi ini, menurut dia, ujung-ujungnya adalah politik.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU