> >

Profil Raja Juli Antoni, Timses Jokowi dan Politikus PSI yang Diisukan Masuk Kabinet

Politik | 15 Juni 2022, 10:42 WIB
Raja Juli Antoni, Sekretaris Dewan Pembina PSI yang diisukan masuk kabinet Jokowi (Sumber: Kompastv/Ant)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Raja Juli Antoni, Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) diisukan masuk ke dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju.

Raja Juli dikabarkan akan menggantikan Surya Tjandra, rekan satu partainya untuk menjadi Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Kabar tersebut mencuat setelah keduanya memenuhi panggilan Presiden Joko Widodo ke Istana Negara, Selasa (14/6/2022) kemarin.

Ketua Bapilu PDI Perjuangan Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul menyatakan ada beberapa nama pejabat termasuk politisi dan ketua umum partai yang dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana. 

"Tetapi banyak dipanggil sudah. Misalnya pak Ketum, kemudian Raja Juli, kemudian pak menteri ATR," kata Bambang, Selasa (14/5/2022).

Adapun reshuffle kabinet dijadwalkan akan digelar hari ini, pada Rabu Pahing (15/6/2022) siang.

Lantas, siapakah Raja Juli Antoni?  Berikut ini profilnya.

Raja Juli Antoni ialah seorang politikus muda Indonesia kelahiran Pekanbaru, Riau, 13 Juli 1977. Sebelum tergabung di PSI, dia  tercatat sebagai politisi dari PDI-Perjuangan.

Meski demikian, karier perpolitikannya moncer di partai yang akan menginjak usia ke-8 ini. Setelah sukses menjadi Sekretaris Jenderal, kini Raja Juli dipercaya menjadi Sekretaris Dewan Pembina PSI Pusat pada periode 2019 hingga 2024 mendatang.

Tak hanya itu, partisipasinya di dunia politik bahkan tak perlu diragukan lagi. Pada 2009, Raja Juli pernah mencalonkan diri dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat IX (Kabupaten Subang, Sumedang dan Majalengka), namun kalah.

Penulis : Nurul Fitriana Editor : Redaksi-Kompas-TV

Sumber : Kompas TV


TERBARU