> >

Erick Thohir Beri Kuliah Umum, Ajak Mahasiswa Pikirkan Negara: Jangan Kebiasaan Jadi Penonton

Sosial | 5 Juli 2022, 18:26 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Sumber: Antara)

PURWOKERTO, KOMPAS.TV - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengajak mahasiswa untuk bersiap menjadi ujung tombak dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara ekonomi terbesar keempat dunia pada 2045.

"Sudah waktunya kalian mengisi. Jangan kebiasaan menjadi penonton. Kita negara yang kaya sumber daya alam (SDA) dan market yang besar, tetapi dari zaman Belanda dipakai untuk pertumbuhan ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan negara lain," kata Erick, Selasa (5/7/2022).

Ia menyampaikan hal itu dalam kuliah umum bertajuk "Kolaborasi BUMN dan Perguruan Tinggi dalam Menciptakan Generasi Digital di era Disrupsi" di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah.

Melalui keterangan resmi yang diterima KOMPAS TV, Erick mengajak ribuan mahasiswa Unsoed untuk memikirkan kedaulatan pangan dan energi di Indonesia melalui pengembangan teknologi dan digitalisasi.

"Kita harus memikirkan bagaimana caranya mengisi kemerdekaan dengan kedaulatan pangan, energi, maupun ekonomi," ungkapnya.

Erick menambahkan, pertumbuhan ekonomi tidak boleh hanya mengandalkan SDA, tetapi juga perlu diperkuat dengan knowledge based economy (ekonomi berbasis pengetahuan). 

Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir: Mahasiswa Jangan Hanya Sibuk Pergerakan

Menurutnya, generasi muda bisa menjadi lebih tangkas dan adaptif dengan berbekal growth mindset (pemikiran maju). 

"Saya selalu senang datang ke kampus supaya ada link and match menyambungkan yang lulus untuk mendapat kerja," terangnya.

Erick menyampaikan tantangan yang sangat penting datang dari disrupsi digital yang mengubah pola kehidupan manusia hingga lapangan pekerjaan.

Penulis : Nadia Intan Fajarlie Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU