> >

Training Center Sepak Bola akan Dibangun di IKN Nusantara

Peristiwa | 3 Agustus 2022, 14:26 WIB
Foto ilustrasi Timnas sepak bola usia muda Indonesia dalam sesi latihan. Presiden Joko Widodo (Jokowi)  berencana membangun pusat pelatihan sepak bola atau training center di Ibu Kota Nusantara (IKN), di Kalimantan Timur.  (Sumber: PSSI)

JAKARTA, KOMPAS.TV -Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan mendatangi Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (3/8/2022). 

Zainudin mengungkapkan rencana Presiden Joko Widodo membangun pusat pelatihan sepak bola atau training center di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

"Bapak Presiden setelah melihat perkembangan sepak bola nasional makin baik, maka beliau memberikan arahan kepada saya dan Ketua Umum PSSI segera akan membangunkan training camp sepak bola kita," kata Zainudin Amali dalam keterangan tertulis, Rabu. 

"Di situ semuanya sudah lengkap, dan akan dilakukan di Ibu Kota Nusantara, ibu kota negara yang baru."

Menurut penjelasannya, Pusat pelatihan sepak bola bukan satu-satunya fasilitas olahraga yang direncanakan dibangun pemerintah di IKN Nusantara nanti.

Rencananya, lanjut dia, di IKN pemerintah akan membangun berbagai fasilitas olahraga, baik fasilitas utama maupun fasilitas pendukung secara lengkap.

Baca Juga: Piala AFF U16 2022: Bima Sakti Maklumi Inkonsistensi Mental Timnas U16 Indonesia

Langkah itu ditempuh berkenaan dengan rencana Indonesia maju dalam pencalonan tuan rumah Olimpiade 2036 mendatang. 

“Sekaligus beliau beberapa waktu yang lalu sudah memberikan arahan kepada saya untuk kita bidding menjadi tuan rumah Olimpiade 2036, tetapi proposal itu sudah mencantumkan pelaksanaannya ada di IKN,” jelasnya.

Sementara itu,  Mochamad Iriawan menyebut PSSI menyambut baik gagasan Presiden yang ingin membangun pusat pelatihan sepak bola di IKN.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menilai hal tersebut merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat di tanah air.

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU